PENGARUH INTERAKSI SOSIAL SALES TERHADAP PENJUALAN PRODUK CV ANDI OFFSET

., NURIANTI (2018) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL SALES TERHADAP PENJUALAN PRODUK CV ANDI OFFSET. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (NURIANTI)
SOS04758.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan bisnis dalam industri percetakan dan penerbitan buku di Indonesia semakin pesat. Bisnis percetakan dan penerbitan buku adalah suatu jenis usaha yang mulai diperhitungkan keberadaannya dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Terutama dalam beberapa tahun ini, bisnis percetakan dan penerbitan buku semakin berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pemain-pemain baru dalam bisnis ini, baik itu sales atau marketing percetakan dan penerbitan buku maupun pengusaha-pengusaha baru dalam bisnis ini. Perkembangan bisnis yang sangat pesat, menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Penulis tertarik melakukan penelitian di CV Andi Offset mengenai interaksi sosial dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penulis mengambil judul “Pengaruh Interaksi Sosial Sales terhadap Penjualan Produk CV Andi Offset”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh interaksi sosial sales terhadap penjualan produk CV Andi Offset. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial sales terhadap penjualan produk CV Andi Offset. Kerangka konsep yang digunakan adalah interaksi sosial, penjualan produk dan teori pertukaran sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, serta data jumlah penjualan eksemplar dan jumlah penjualan produk berdasarkan kategori buku yang terhitung dari bulan Januari-Juli 2017. Data akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Interaksi sosial yang terjadi di CV Andi Offset yaitu interaksi sosial yang bersifat asosiatif. Wujud asli dari asosiatif sendiri yaitu kerjasama antara sales dengan pelanggan. Proses terbangun dan berjalannya kerjasama tidak dapat langsung terjadi, tetapi kerjasama membutuhkan proses tersendiri yang terdiri dari komponen evaluasi sales, berkomunikasi dengan pelanggan, etiket sales, penampilan sales, promosi, diskon, perjanjian kerjasama sehingga baru akan terjadi kerjasama antara sales dengan pelanggan. Sedangkan interaksi sosial yang bersifat disosiatif, penulis tidak menemukan masalah yang sesuai dengan teori, tetapi penulis hanya menemukan masalah mengenai pelanggan tidak disiplin dalam bekerjasama dan komplain dari pelanggan atas ketidakpuasan pelayanan yang diberikan oleh sales. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa interaksi sosial yang terjadi antara sales dengan pelanggan berpengaruh terhadap penjualan produk CV Andi Offset. Semakin baik interaksi sosial antara sales dengan pelanggan, maka semakin besar penjualan produk CV Andi Offset. Begitupun sebaliknya, semakin buruk interaksi sosial antara sales dengan pelanggan, maka semakin menurun penjualan produk CV Andi Offset.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial dan Penjualan Produk
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:20
Last Modified: 06 Sep 2018 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item View Item