PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PADA CV. SEMBIRING JAYA TANI DENGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE AHP

SEMBIRING, TOMY IMANUEL RADI (2018) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PADA CV. SEMBIRING JAYA TANI DENGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE AHP. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TOMY IMANUEL RADI SEMBIRING)
TF07796.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya keakuratan, kecepatan dan efisiensi pada kegiatan operasional suatu perusahaan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kenyamanan dan kesetiaan konsumen. Banyak toko atau usaha dagang lainnya yang belum menyadari betapa pentingnya hal tersebut demi menunjang kelancaran dan kesuksesan bisnis mereka, salah satunya yang terjadi pada CV. Sembiring Jaya Tani. Usaha dagang ini bergerak di bidang pertanian, yang menjual berbagai macam pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian lainnya, dimana semua transaksi dan kegiatan operasional yang terjadi dilakukan secara manual atau tertulis. Sulit dan lamanya waktu pencarian hutang konsumen pada toko juga menjadi masalah serius pada toko ini, belum lagi untuk menentukan harga jual yang berbeda-beda bagi pelanggan lama dan pelanggan baru serta mengelola barang yang ada di gudang. Selain itu, pemilik toko juga kesulitan dalam memutuskan untuk menerima calon karyawan yang hendak bekerja di CV. Sembiring Jaya Tani. Berdasarkan permasalahan di atas, muncul sebuah ide untuk membangun sebuah sistem informasi untuk CV. Sembiring Jaya Tani. Sistem informasi ini nantinya akan dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Studio sebagai aplikasi pemrogramannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Microsoft SQL Server. Pada sistem ini terdapat fitur yang sama seperti Point Of Sales lainnya, akan tetapi dipadukan dengan Sistem Pendukung Keputusan untuk penerimaan karyawan baru dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Sistem informasi ini juga memiliki fitur untuk menangani masalah hutang piutang pelanggan, sehingga memudahkan pelanggan ketika melakukan pembayaran hutang, karena tidak perlu menunggu lama untuk mencari sampai data hutang pelanggan tersebut ditemukan. Adapun kriteria calon karyawan yang menjadi variabel untuk dilakukan kalkulasi pada fitur sistem pendukung keputusan ini yakni, penilaian logika, kepribadian, pengalaman kerja, skill berkomunikasi dan pendidikan terakhir. Sistem informasi ini dapat menyelesaikan masalah transaksional, hutang, laporan dan pendukung keputusan calon karyawan yang ada pada CV. Sembiring Jaya Tani, dari manual hingga menjadi terdigitalisasi by program, sehingga tercipta pelayanan yang lebih baik, cepat dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Operasional, Point Of Sales, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 12:36
Last Modified: 06 Sep 2018 12:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

View Item View Item