PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI NILAI RAPORT UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : SMP JOANNES BOSCO YOGYAKARTA)

MAYADILA, EVA (2018) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI NILAI RAPORT UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : SMP JOANNES BOSCO YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EVA MAYADILA)
TF6864.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sekolah sebagai suatu instansi di bidang pendidikan banyak melakukan pengolahan data dalam pengadministrasian data baik data siswa, data guru, data kelas, data mata pelajaran, data pengampu, data wali kelas, data absensi, maupun data nilai pelajaran. Data tersebut dalam jumlah yang besar sehingga membutuhkan penyimpanan dan pengadministrasian harus dilakukan dengan baik. Dalam pengolahan data dari nilai hingga menjadi raport kebanyakan sekolah menggunakan sistem pengolahan secara manual yaitu data yang ada berupa setumpuk kertas atau rekam yang disimpan dalam rak berkas. Sistem tersebut tentu saja mempunyai banyak kelemahan yaitu pemborosan tenaga, penyajian yang buruk, pelayanan yang kurang optimal, dan kualitas data yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah Sistem Informasi Nilai Raport sehingga dapat memberikan kemudahan guru mata pelajaran, wali kelas, bagian kurikulum, bagian kepegawaian di tata usaha, kepala sekolah dalam melakukan input dan output nilai raport siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Joannes Bosco Yogyakarta. Dengan adanya sistem informasi ini, sekolah memiliki media informasi perkembangan nilai raport siswa yang dapat membantu para guru dan staf dalam mengontrol kegiatan akademik di sekolah. Sistem informasi nilai raport dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), dimana PHP digunakan untuk membangun Sistem Informasi berbasis Web, serta menggunakan database MySQL. Sistem informasi yang dibuat memiliki 5 user yaitu administrator, guru, kepala sekolah, bagian kurikulum, bagian tata usaha. Sistem Informasi Nilai Raport dibuat berbasis web, sehingga dapat diakses dari mana saja melalui media internet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Nilai Raport, Raport, SMP Joannes Bosco Yogyakarta
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 13:24
Last Modified: 06 Sep 2018 13:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15767

Actions (login required)

View Item View Item