USULAN PERBAIKAN LAYANAN BERDASARKAN TEXT MINING PADA REVIEW RESTORAN LN FORTUNATE COFFEE YOGYAKARTA

Onasi, Tashika (2018) USULAN PERBAIKAN LAYANAN BERDASARKAN TEXT MINING PADA REVIEW RESTORAN LN FORTUNATE COFFEE YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TASHIKA ONASI)
TI07985.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, perkembangan restoran (rumah makan) di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu contoh usaha restoran yang beroperasi dan terletak pada Kota Yogyakarta yaitu Restoran LN Fortunate Coffee. Untuk tetap dapat memajukan Restoran LN Fortunate Coffee ini, pihak restoran melakukan promosi lewat media sosial dan juga dari website wisata seperti Trip Advisor dan beberapa konsumen yang telah berkunjung ke restoran tersebut melakukan feedback (testimoni) terhadap restoran tersebut. Feedback tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan dengan melihat komentar pelanggan yang dapat bersifat positif dan dapat bersifat negatif. Agar restoran ini tetap berjalan, pihak restoran harus melakukan suatu peningkatan pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi perbaikan yang dilakukan berdasarkan dimensi kepuasan pelanggan dan memberikan usulan perbaikan pada restoran sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan metode text mining yang terbagi menjadi lima dimensi kepuasan pelanggan. Selain itu, dilakukan pengujian pada dua restoran yang berbeda untuk menguji validasi dari metode text mining yang dibuat dalam bentuk program. Hasil penelusuran respon yang dihasilkan berupa persentase pada masing masing dimensi. Dimensi produk memperoleh nilai sebesar 92%, dimensi layanan memperoleh nilai sebesar 72,89%, dimensi emosional memperoleh nilai sebesar 93,87%, dimensi harga memperoleh nilai sebesar 85,71%, dan dimensi kemudahan memperoleh nilai sebesar 100%. Usulan perbaikan yang dilakukan pada dimensi kepuasan pelanggan yang paling rendah yaitu pada dimensi layanan. Usulan perbaikan tersebut terdiri atas penambahan jumlah karyawan, mengganti sistem kasir, memberikan pelatihan pada karyawan yang baru, dan memberikan sistem evaluasi. Pada pengujian validasi diperoleh hasil yang berbeda dengan rating website sehingga yang dibutuhkan adalah dengan mengambil data komentar yang lebih banyak untuk dapat memperoleh hasil yang metode text mining yang mendekati dengan rating website.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Text mining, Restoran LN Fortunate Coffee Yogyakarta, dimensi kepuasan pelanggan, uji validasi, usulan perbaikan
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:42
Last Modified: 07 Sep 2018 07:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15769

Actions (login required)

View Item View Item