KURNIANTO, VINCENTIUS ANDRI (2018) PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PENGENALAN MUSIK DAERAH DI INDONESIA BERBASIS MOBILE. S1 thesis, UAJY.
Text (VINCENTIUS ANDRI KURNIANTO)
TF07902.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Musik daerah yang ada di Indonesia pada masa modern ini menjadi semakin jarang dikenal oleh masyarakat, terutama kaum muda yang sekarang menggemari lagu luar negeri atau lagu dalam negeri yang terpengaruh oleh musik dari luar negeri. Musik daerah yang ada di Indonesia sangatlah beraneka ragam, terbagi dengan daerah asal musik tersebut. Dilatar belakangi masalah tersebut, penulis membangun game berbasis mobile yang mengenalkan masyarakat akan musik daerah yang ada di Indonesia yang diberi nama Kuis Musik Daerah (KUMUDA). Game KUMUDA merupakan aplikasi game yang memiliki unsur multimedia di dalamnya, tepatnya suara, teks, dan gambar. Untuk penerapannya penulis membangun game dengan menggunakan Unity Game Engine sebagai perangkat lunak pembangunan aplikasi, bahasa C# sebagai bahasa pemrograman yang digunakan dan MySQL sebagai tempat penyimpanan basis data. Game ini berbentuk kuis dengan memberikan soal pilihan ganda yang dikelompokkan berdasarkan kawasan asal musik daerah tersebut. Dengan pembangunan game ini, penulis mengharapkan game ini dapat diterima dan digunakan oleh masyarakat, khususnya kaum muda. Terlebih dengan menggunakan aplikasi ini, setidaknya para pengguna akan mengenal musik daerah yang ada di Indonesia. Selain itu secara tidak langsung, pengguna akan merasa bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia karena keberagaman musik daerah dan memberikan satu kontribusi kecil untuk melestarikan kebudayaan daerah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Musik Daerah, Kuis |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 07:41 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 07:41 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15771 |
Actions (login required)
View Item |