PERANCANGAN ULANG MESIN PEMINTAL SERAT ALAM PADA UKM FERRY CRAFT MANDIRI KULON PROGO

OCTAVIANTO, INDRA (2018) PERANCANGAN ULANG MESIN PEMINTAL SERAT ALAM PADA UKM FERRY CRAFT MANDIRI KULON PROGO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (INDRA OCTAVIANTO)
TI06780.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ferry Craft Mandiri merupakan salah satu UMKM yang terletak di Desa Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Ferry Craft Mandiri memproduksi tali dari serat alam. Kegiatan proses pemintalan dilakukan dengan menggunakan mesin. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pemilik Ferry Craft Mandiri, didapatkan bahwa mesin yang digunakan saat ini sering terjadi kerusakan pada beberapa komponennya. Kondisi seperti ini mengakibatkan hasil serat alam yang dipintal tidak stabil dan dapat menurunkan kapasitas dan kualitas produksi. Hasil serat setelah dipintal juga harus digulung secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pemilik UKM menginginkan inovasi desain mesin yang dapat bertahan dari segala kondisi, hasil tali pintal stabil dan dapat mengurangi waktu proses. Perancangan alat ini menggunakan metode rasional dan metode brainstorming. Hasil penelitian adalah usulan desain mesin 3D menggunakan Software PowerSHAPE. Hasil analisa yang didapat mampu memproduksi tali sebesar 1300-1600 meter dan dapat menggulung tali secara otomatis untuk mengurangi waktu proses produksi. Hal ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Metode Rasional, Metode Brainstorming, Mesin Pemintal Serat Alam, Software PowerSHAPE
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2018 10:47
Last Modified: 07 Sep 2018 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item