HERIYANTO, HERIYANTO (2018) STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU LENTUR BALOK BAJA RINGAN PROFIL C GANDA DENGAN VARIASI SAMBUNGAN SEBIDANG. S1 thesis, UAJY.
Text (HERIYANTO)
TS15272.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyaknya material sisa potongan profil baja ringan di lapangan yang kurang dapat dimanfaatkan dapat mengurangi efisiensi material dalam proyek. Dalam penelitian ini dilakukan pemanfaatan potongan material sisa baja ringan yang dapat digunakan kembali dengan cara disambung sebagai balok dan untuk mengetahui kekuatan maksimal yang bekerja dalam menahan beban. Benda uji yang digunakan berupa baja ringan dengan menggunakan profil kanal C75x35x0.75 dan alat sambung sekrup sds diameter 6 mm. Penelitian ini dilakukan dengan variasi sambungan sebidang yaitu sambungan satu bentang (BSB) baja ringan yang ditangkupkan tanpa pemotongan profil baja/utuh, sambungan setengah bentang (BDB) baja ringan yang ditangkupkan, satu sisi utuh dan sisi sebaliknya terdapat penyambung di tengah bentang dan sambungan sepertiga bentang (BTB) baja ringan yang di tangkupkan, di kedua sisi yang terdapat penyambung di sepertiga bentang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode eksperimental. Pengujian lentur balok menggunakan beban terpusat yang terdapat di tengah bentang dengan menggunakan mesin UTM yang bertujuan untuk mendapatkan beban maksimal, besar momen, dan kekakuan benda uji. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah spesimen uji dengan variasi sambungan satu bentang (BSB) mampu menahan gaya sebesar 3.79 KN, sambungan setengah bentang (BDB) mampu menahan gaya sebesar 2.99 KN dan untuk sambungan sepertiga bentang (BTB) mampu menahan gaya sebesar 3.02 KN. Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa sisa potongan material juga dapat menerima gaya yang hampir sama besarnya, tetapi hanya berbeda pada bagian kekakuannya. Kekakuan pada variasi sambungan satu bentang (BSB) adalah 281.471KN/m, sambungan setengah bentang (BDB) adalah 157.961KN/m, dan untuk sambungan sepertiga bentang (BTB) adalah 96.7KN/m.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | baja ringan, sekrup, efesien, kekuatan sambungan,variasi sambungan, kekakuan |
Subjects: | Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 13:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 13:13 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15826 |
Actions (login required)
View Item |