STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI PT ASTRA INTERNATIONAL TBK – HONDA

ANINDHITA, ROSELINA ARUM (2018) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI PT ASTRA INTERNATIONAL TBK – HONDA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ROSELINA ARUM ANINDHITA)
KOM05437.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi customer relations dalam mempertahankan pelanggan di PT Astra International Tbk – Honda Yogyakarta. Kesuksesan PT Astra International Tbk – Honda Yogyakarta dalam mempertahankan pelanggan dibuktikan dengan adanya penguasaan pangsa pasar lebih dari 70% serta adanya repeat order dari customer. Konsep customer relations, strategi serta teori komunikasi interpersonal digunakan dalam penelitian yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan tiga teknik pengambilan data yakni wawancara, riset dokumen, serta observasi. Teknik analisis interaktif digunakan dalam analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Triangulasi sumber juga digunakan dalam proses validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi customer relations dalam mempertahankan pelanggan di PT Astra International Tbk – Honda Yogyakarta dipandang melalui tiga strategi yakni sebagai rencana (plan) dengan adanya proses manajemen dalam pembentukan program hubungan pelanggan serta adanya departemen khusus yang memanajemen hubungan pelanggan, sebagai cara (ploy) yakni adanya customer service yang ideal, serta sebagai pola (pattern) yakni adanya pola yang sama yang dilakukan perusahaan melalui karyawan dalam memperlakukan pelanggan lewat komunikasi interpersonal yang terjadi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keberhasilan PT Astra International Tbk – Honda Yogyakarta dalam mempertahankan pelanggan adalah dengan menggunakan strategi customer relations sebagai plan, ploy, dan pattern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Customer Relations, Customer Relations, Strategi, Pelanggan.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:25
Last Modified: 10 Sep 2018 08:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item