“PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN” (STUDI PADA SITUS TOKOPEDIA.COM)

Putih, Gemma Tunjung (2018) “PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN” (STUDI PADA SITUS TOKOPEDIA.COM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Gemma Tunjung Putih)
EM20555.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi risiko, persepsi manfaat terhadap niat beli dan keputusan pembelian di Tokopedia. Sampel penelitian ini adalah orang yang berdomisili di kota Yogyakarta dan sudah pernah mengunjungi serta melakukan pembelian di situs Tokopedia minimal 1 kali dalam 6 bulan terakhir sebanyak 170 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, berganda, dan path analysis. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan mengirimkan link kuesioner dari google forms yang kemudian disebar di grup Line dan WhatsApp. Hasil penelitian dari regresi sederhana menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap persepsi risiko. Persepsi manfaat memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap niat beli. Niat beli memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian online. Hasil analisis regresi berganda, menunjukan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh yang positif terhadap minat beli, dan persepsi risiko memiliki pengaruh yang negatif terhadap minat beli, namun secara bersama-sama mempengaruhi minat beli online secara signifikan. Hasil pengujian path analysis dalam penelitian ini menunjukan bahwa persepsi risiko memediasi antara kepercayaan terhadap minat beli online secara complementary.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Niat Beli, Keputusan Pembelian Online
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:36
Last Modified: 10 Sep 2018 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item