PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KOMITMEN MEREK (Studi Beda: Layanan Jasa GO-FOOD Pada Aplikasi Online GO-JEK Di Kota Purwokerto)

WIJAYA, CLAUDIA CINDY (2018) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KOMITMEN MEREK (Studi Beda: Layanan Jasa GO-FOOD Pada Aplikasi Online GO-JEK Di Kota Purwokerto). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Claudia Cindy Wijaya)
EM20394.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Merek merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan karena merek akan memberikan identitas pada produk yang dijual perusahaan. Memahami akan arti penting merek khususnya untuk meningkatkan kepercayaan dan komitmen konsumen pada sebuah merek maka perusahaan harus melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkannya. Ardyanto et al., (2016) menyatakan bahwa kepercayaan merek yang digunakan untuk meningkatkan komitmen merek dapat dilakukan dengan meningkatkan keamanan, privasi, nama merek, pengalaman, informasi, dan word-of-mouth. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh keamanan, privasi, nama merek, pengalaman, informasi, dan word-of-mouth terhadap kepercayaan merek. Penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek terhadap komitmen merek. Penelitian dilakukan pada 150 orang konsumen jasa layanan GO-FOOD di Purwokerto pada bulan Maret tahun 2018. Hasil penelitian ini adalah, 1) Keamanan, privasi, nama merek, pengalaman, informasi, dan komunikasi dari mulut ke mulut secara signifikan (p = 0,000) mampu memprediksi 65,3% perubahan kepercayaan merek. 2) Keamanan (b = 0,233; p = 0,000), privasi (b = 0,183; p = 0,003), nama merek (b = 0,130; p = 0,041), pengalaman (b = 0,260; p = 0,000), informasi (b = 0,133; p = 0,021), dan komunikasi dari mulut ke mulut (b = 0,180; p = 0,002) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan merek. 3) Kepercayaan merek secara signifikan (p = 0,000) mampu memprediksi 44,5% perubahyan komitmen merek. 4) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif (b = 0,180) dan signifikan (p = 0,002) terhadap komitmen merek. 5) Konsumen dengan frekuensi pembelian lebih dari 10 kali memiliki tingkat kepercayaan merek dan komitmen merek yang lebih tinggi dibadingkan konsumen dengan frekuensi pembelian dibawahnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keamanan, privasi, nama merek, pengalaman, informasi, dan wordof-mouth, kepercayaan merek, komitmen merek.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:21
Last Modified: 10 Sep 2018 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item