PENGARUH PERIKLANAN DI TELEVISI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PEMBELIAN ORANG TUA

Silviana, Priskilla Melly (2018) PENGARUH PERIKLANAN DI TELEVISI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PEMBELIAN ORANG TUA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Priskilla Melly Silviana)
EM20338.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Perilaku belanja orang tua (keluarga) merupakan hal yang penting untuk dipelajari oleh pemasar. Hal ini berhubungan dengan beberapa produk yang disegmenkan bagi anak-anak dan anak-anak memiliki peranan dalam pengambilan keputusan pembelian produk tersebut. Pengetahuan anak-anak akan sebuah produk tidak lepas dari iklan yang dilihatnya yang nantinya akan mempengaruhi sikap, permintaan dan perilaku pembelian orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk menguji: 1) Pengaruh informasi, nilai hiburan, kedibilitas dan kesukaan pada iklan di televisi terhadap sikap anak pada iklan di televisi, 2) Pengaruh sikap anak pada iklan di televisi terhadap permintaan anak pada orang tua untuk membeli suatu produk, dan 3) pengaruh permintaan anak pada orang tua untuk membeli suatu produk terhadap perilaku belanja orang tua. Sampel penelitian 200 orang tua yang memiliki anak usia 5 sampai 14 tahun dimana anak-anak pernah turut serta dalam kegiatan belanja orang tua dalam pembelian produk-produk kebutuhan sehari-hari minimal 5 kali dalam 1 tahun terakhir. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis regresi linier berganda dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini telah memberikan bukti yang nyata bahwa: 1) Informasi, nilai hiburan, kedibilitas dan kesukaan pada iklan di televisi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap anak pada iklan di televisi, 2) Sikap anak pada iklan di televisi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap permintaan anak pada orang tua untuk membeli suatu produk, dan 3) Permintaan anak pada orang tua untuk membeli suatu produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku belanja orang tua..

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: informasi, nilai hiburan, kedibilitas, kesukaan pada iklan, sikap,permintaan anak, perilaku belanja.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 12:16
Last Modified: 10 Sep 2018 12:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15875

Actions (login required)

View Item View Item