ANALISIS AUDIT REPORT LAG DITINJAU DARI PERGANTIAN AUDITOR DAN OPINI AUDITOR (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012-2016)

Sumbaluwu, Gracela Rebeca Gilian (2018) ANALISIS AUDIT REPORT LAG DITINJAU DARI PERGANTIAN AUDITOR DAN OPINI AUDITOR (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Gracela Rebeca Gilian Sumbaluwu)
EA20556.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketepatan waktu suatu perusahaan dalam mempublikasikan laporan tahunan akan berdampak pada tingkat relevansi dari informasi yang dihasilkan. Jika terjadi penundaan dalam menyajikan laporan akan membuat informasi kehilangan relevansinya. Ketepatan waktu dapat dipengaruhi oleh audit report lag. Audit report lag adalah rentang waktu penyelesaian audit sejak tanggal tutup buku perusahaan sampai dengan tanggal yang tertera pada laporan audit. Penelitian ini dilakukan untuk menguji perbedaan audit report lag perusahaan setelah dilakukannya pergantian auditor dan perbedaan audit report lag antara perusahaan yang memperoleh opini audit wajar tanpa pengecualian dengan perusahaan yang memperoleh opini selain wajar tanpa pengecualian. Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2016. Berdasarkan kriteria sampel penelitian diperoleh 274 perusahaan yang dapat dijadikan sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah uji mann-whitney. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa audit report lag perusahaan yang melakukan pergantian auditor lebih panjang dan audit report lag perusahaan yang memperoleh opini audit wajar tanpa pengecualian lebih pendek dibandingkan dengan perusahaan yang memperoleh opini audit selain wajar tanpa pengecualian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit report lag, pergantian auditor, opini auditor
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 13:11
Last Modified: 10 Sep 2018 13:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15888

Actions (login required)

View Item View Item