PENGARUH TARIF PAJAK EFEKTIF, KEPEMILIKAN KELUARGA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Cinun, Yosephine Vincentia Geroda (2018) PENGARUH TARIF PAJAK EFEKTIF, KEPEMILIKAN KELUARGA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yosephine Vincentia Geroda Cinun)
EA19103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisasi penagruh tarif pajak efektif, kepemilikan keluarga, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing. Dalam penelitian ini tarif pajak efektif diukur menggunakan GAAP Effective Tax Rate, kepemilikan keluarga diukur menggunakan persentase kepemilikan perusahaan tertutup (kepemilikan saham >5%) dan individu, ukuran perusahaan diukur menggunakan log total aset, dan transfer pricing diukur menggunakan rasio nilai transaksi pihak berelasi penjualan atas total penjualan perusahaan. Populasi penelitian ini berjumlah 145 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia pada periode 2013-2015. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh salam satu tahun berjumlah 45 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data arsip sekunder. Data arsip dioperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2013-2015 yang diunduh dari www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tarif pajak efektif berpengaruh negatif terhadap transfer pricing, kepemilikan keluarga berpengaruh negatif terhadap transfer pricing, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap transfer pricing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tarif pajak efektif, kepemilikan keluarga, ukuran perusahaan, transfer pricing.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:23
Last Modified: 12 Sep 2018 08:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item