BATTA, STEFANUS LETTU (2018) EVALUASI KESELAMATAN LALU LINTAS DENGAN AUDIT KESELAMATAN JALAN (Studi Kasus Flyover Jombor),. S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
TS140290.pdf Download (976kB) |
|
Text (BAB I)
TS140291.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II)
TS140292.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB III)
TS140293.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB IV)
TS140294.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text (BAB V)
TS140295.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
|
Text (BAB VI)
TS140296.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wilayah rawan kecelakaan di Kota Yogyakarta terjadi di jalur konflik arus lalu lintas seperti persimpangan, jalur putar balik bahkan pada perpindahan kendaraan dari lambat ke cepat ataupun sebaliknya. Salahsatu contoh wilayah konflik arus adalah jalur flyover. Flyover Jombor merupakan salah satu wilayah rawan kecelakaan. Terjadinya konflik arus diakibatkan kelalaian pengendara roda dua yang melewati jalur flyover sedangkan kendaraan roda dua tersebut seharusnya mengikuti jalur jalan di bawah flyover. Penelitian dilakukan selama 3 hari yaitu hari Jumad, 18 Mei 2018 sampai Minggu, 20 Mei 2018. Waktu pengamatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pagi pukul 07.0-09.00, siang pukul 13.00-15.00, dan sore pukul 17.00-19.00. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi data geometrik jalan, data kecelakaan, hasi audit keselamatan lalu lintas dan data volume kendaraan yang mengubah lajur. Pengambilan data dilakukan untuk tiap periode waktu 15 menit. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa secara umum hasil audit keselamatan jalan berada dalam kategori kurang (K) dengan fokus pemeriksaan yang meliputi kondisi umum dalam kategori baik (B), alinyemen jalan dalam kategori baik (B), lalu lintas tak bermotor dalam kategori sangat kurang (SK), pemberhentian bus atau kendaraan termasuk dalam kategori sangat kurang (SK), kondisi penerangan dalan kategor baik (B), rambu dan marka jalan dalam kategori baik (B), rambu dan marka jalan dalam kategori baik (B), bangunan pelengkap jalan dalam kategori kurang (K) dan kondisi permukaan jalan dalam kategori baik (B). Volume kendaraan puncak yang merubah lajur terjadi pada Minggu, 20 Mei 2018 yaitu untuk yang mengubah lajur ke kanan menuju flyover Jombor sebesar 566 kendaraan/jam pada pukul 17.45-18.45 WIB dan yang mengubah lajur ke kiri keluar flyover Jombor sebesar 3790 kendaraan/jam pada pukul 18.00-19.00 WIB. Rata-rata kecepataan tempuh kendaraan setiap harinya secara berurutan mengalami penurunan yaitu 27,7 km/jam, 21 km/jam, dan 12,3 km/jam untuk kendaraan ringan dan 31,2 km/jam, 24,8 km/jam, dan 11,3 km/jam untuk sepeda motor. Beberapa hal yang menjadi pemicu yang mempengaruhi keselamatan lalu lintas meliputi konflik arus, parkir, perkerasan jalan dan rambu lalu lintas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, keselamatan, lalu lintas |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 09:24 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 09:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15908 |
Actions (login required)
View Item |