PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN LEVERAGE TERHADAP COST OF DEBT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2016

Santosa, Wong, Jimmy Christian (2018) PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN LEVERAGE TERHADAP COST OF DEBT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Wong, Jimmy Christian Santosa)
EA21202.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cost of debt adalah tingkat pengembalian yang diinginkan kreditur saat memberikan pendanaan kepada perusahaan. Ketika kreditur akan meminjamkan dananya kepada perusahaan, kreditur akan mempertimbangkan risiko-risiko yang mungkin akan terjadi atas kredit yang diberikan tersebut. Adanya praktik tax avoidance di dalam perusahaan dipandang oleh kreditur sebagai salah satu risiko atas kredit. Selain itu, kreditur dapat menilai suatu perusahaan memiliki risiko yang besar atau kecil melalui rasio leverage. Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh tax avoidance dan leverage terhadap cost of debt pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2016. Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2016. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 148 data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil statistik, diperoleh hasil bahwa tax avoidance berpengaruh positif signifikan terhadap cost of debt dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap cost of debt pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2016. Kreditur menganggap adanya praktik tax avoidance dan rasio leverage perusahaan yang tinggi sebagai risiko yang dapat meningkatkan cost of debt.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cost of debt, tax avoidance, leverage, perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2016.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:50
Last Modified: 20 Sep 2018 07:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15926

Actions (login required)

View Item View Item