PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Samosir, Arpan (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Arpan Samosir)
EA21480.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari karakteristik komite audit terhadap kualitas laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 434 perusahaan selama 5 tahun. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan variabel independen.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah komite audit independen, rapat, ahli keuangan, dan ukuran komite audit, sedangkan variabel independennya adalah kualitas laporan keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran komite audit memiliki pengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan komite audit independen memiliki pengaruh negatif terhadap kualitas laporan keuangan. Variabel rapat dan ahli keuangan komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komite audit independen, rapat komite audit, ahli keuangan komite audit , ukuran komite audit, kualitas laporan keuangan
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:14
Last Modified: 20 Sep 2018 08:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item