IDENTIFIKASI PREFERENSI JASA PELAYANAN MEDIS DENGAN ANALISIS CONJOINT (Studi Kasus Di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta)

Purwantono, Maria (2007) IDENTIFIKASI PREFERENSI JASA PELAYANAN MEDIS DENGAN ANALISIS CONJOINT (Studi Kasus Di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TI03676.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TI03676.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TI03676.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TI03676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI03676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (Bab V)
5TI03676.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TI03676.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis di bidang jasa pelayanan kesehatan kini semakin ketat, RS Bethesda mampu berkembang menjadi salah satu rumah sakit swasta terbesar di Yogyakarta. Di balik perkembangan tersebut muncul fakta bahwa identifikasi terhadap preferensi pasien agar kebutuhan dan harapan mereka terpenuhi dengan baik, saat ini menjadi jauh lebih penting. Preferensi pada jasa pelayanan medis yang dinyatakan oleh pasien perlu ditanggapi dengan baik, karena penawaran jasa pelayanan medis yang tidak sesuai dengan preferensi pasien akan berdampak pada ketidakpuasan pasien terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mendapatkan kombinasi atribut pelayanan medis yang penting untuk dijadikan prioritas sesuai dengan preferensi pasien. Responden penelitian adalah 144 orang responden yang sudah memiliki pengalaman menggunakan jasa pelayanan medis pada RS Bethesda minimal dua kali kunjungan baik untuk berobat rawat jalan atau berobat rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf paramedis (dokter, asisten dokter, perawat) yang terampil, profesional, dan tanggap dalam bertindak; kesigapan paramedis dalam bertindak; sikap dan perilaku dokter yang baik (ramah, sabar, simpatik, hormat, teliti, perhatian); dan adanya interaksi/komunikasi yang efektif antara dokter dengan pasien merupakan preferensi kombinasi atribut service. Mudah dan cepat dalam melakukan pendaftaran; fasilitas pemeriksaan tersedia lengkap dan teknologi canggih; dan tersedianya pelayanan medis utama (melayani pengobatan Home Care, menyediakan paket-paket medical check up yang lengkap dan menarik) adalah preferensi kombinasi atribut facility.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 May 2013 13:48
Last Modified: 21 May 2013 13:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item