PENYELESAIAN INCOMPLETE PAIRWISE COMPARISONS PADA AHP MENGGUNAKAN METODE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

HENDRAWAN, LEONARDO VINCENT (2018) PENYELESAIAN INCOMPLETE PAIRWISE COMPARISONS PADA AHP MENGGUNAKAN METODE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LEONARDO VINCENT HENDRAWAN)
TI07632.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Menurut Saaty (2008) segala sesuatu yang kita lakukan baik secara sadar maupun tidak sadar merupakan hasil dari pengambilan keputusan. Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan pada masalah yang kompleks dengan cara menstrukturkan informasi dalam satu hierarki. Namun syarat pada metode AHP untuk dapat diselesaikan adalah pairwise comparison yang lengkap, yang pada kenyataannya dapat ditemui matriks berpasangan yang tidak lengkap atau kosong (incomplete pairwise comparison) dalam AHP. Tujuan dari penelitian ini adalah mengisi matriks incomplete pairwise comparison pada AHP sehingga proses pada metode AHP untuk dapat diselesaikan. Untuk memperkirakan nilai yang hilang dari pairwise comparison, pada penelitian ini diusulkan menggunakan metode Particle Swarm Optimization (PSO). Particle swarm optimization merupakan teknik pencarian heuristic yang memungkinkan untuk mencari data yang hilang pada pairwise comparison sekaligus mencari nilai optimum dari Consistency Ratio (CR). Pada penelitian digunakan program sebagai alat bantu dalam mengisi matriks incomplete pairwise comparison pada AHP. Program tersebut diuji coba menggunakan studi kasus nyata yang ada di dunia industri, yaitu pemilihan supplier kain pada Apillos Konveksi. Dari pertimbangan pemilihan supplier kain pada Apillos Konveksi yang diragukan oleh narasumber akan dihilangkan, sehingga akan dihasilkan matriks incomplete pairwise comparison yang dapat digunakan untuk melakukan uji coba program tersebut. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan incomplete pairwise comparison pada AHP dapat diselesaikan menggunakan metode Particle Swarm Optimization (PSO), dengan nilai Consistency Ratio (CR) minimum dan waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Incomplete Pairwise Comparison, Particle Swarm Optimization, Pemilihan Supplier, Pemrograman.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Sep 2018 10:06
Last Modified: 20 Sep 2018 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item