FAKTOR DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER SEBAGAI KOMUNIKATOR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI LINE

ALFATEODI, RILO (2018) FAKTOR DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER SEBAGAI KOMUNIKATOR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI LINE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RILO ALFATEODI)
KOM04927.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak tertentu di bidang komunikasi, salah satunya adalah pemanfaatan media sosial yang dapat digunakan melalui perangkat komunikasi seperti telepon genggam atau smartphone. Salah satu aplikasi media sosial yang cukup dikenal adalah Line yang menyediakan beberapa fitur unggulannya. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Line adalah video call filter. Peluncuran fitur baru ini disertai oleh iklan “Line Video Call Filter : Pembasmi Kebosanan” dengan model iklan Ahmad Jalaludin Rumi atau El Rumi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh daya tarik endorser iklan Line terhadap minat anak muda menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian eksplanatif kuantitatif ini menggunakan teori komunikasi pemasaran, promosi, dan model komunikasi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) untuk menlakukan analisis terhadap faktor daya tarik El Rumi sebagai komunikator dalam menumbuhkan minat anak muda menggunakan aplikasi Line. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang melalui metode survei. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan metode alpha cronbach. Data yang didapatkan dianalisis dengan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menyatakan bahwa daya tarik El Rumi sebagai celebrity endorser memiliki pengaruh signifikan terhadap minat anak muda dalam menggunakan aplikasi Line dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,659 dan signifikansi 0,000. Kontribusi variabel daya tarik celebrity endorser terhadap minat anak muda menggunakan aplikasi Line adalah 43,4% sehingga peneliti menyimpulkan jika daya tarik celebrity endorser yaitu El Rumi memiliki pengaruh terhadap minat anak muda menggunakan aplikasi Line.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Celebrity Endorser, Iklan Line, Aplikasi Line, Minat
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Sep 2018 01:35
Last Modified: 26 Sep 2018 01:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item