AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA TAHUN ANGGARAN 2016 DI DESA-DESA DI WILAYAH KECAMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI

Slamet, Chonrad Kartino (2018) AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA TAHUN ANGGARAN 2016 DI DESA-DESA DI WILAYAH KECAMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI. Other thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Chonrad Kartino Slamet)
EA19881.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis sistem akuntabilitas perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2016 di desa-desa di wilayah Kecamatan Reok. Penelitian dilakukan di enam desa di wilayah Kecamatan Reok. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntabilitas perencanaan ADD di desa-desa wilayah Kecamatan Reok dimulai dari rapat Musrembangdes sampai pada penetapan PERDES tentang APBDes Tahun 2016 dari masing-masing desa hingga pada pengumpulan dokumen-dokumen syarat pencairan ADD ke pihak pemerintah kabupaten. Pada tahap perencanaan ini semua desa sudah mengikuti prosedur yang ditetapkan tetapi masih belum disiplin untuk mengumpulkan dokumen-dokumen syarat pencairan ADD tepat waktu. Sistem akuntabilitas pelaksanaan ADD berupa pelaksanaan program-program kerja sesuai APBDes tahun 2016. Enam desa tersebut sudah selesai dan tuntas dalam menjalankan program sesuai APBDes tahun 2016 sebelum tanggal 31 Desember 2016. Sedangkan pada tahap pertanggungjawaban aparat desa masih kesulitan membuat laporan pertanggungjawaban sehingga masih ada keterlambatan pada saat pelaporan. Kendala utamanya karena keterbatasan sumber daya manusia aparat desa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alokasi Dana Desa (ADD), Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jan 2019 02:45
Last Modified: 18 Jan 2019 02:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16012

Actions (login required)

View Item View Item