Morfometri Anaphalis javanica (Reinw.ex Bl.) Schultz ex Boerl. dan Anaphalis longifolia (Bl.) Blume ex DC. Di Gunung Merbabu dan Gunung Lawu

Lonarsim, Vinsensius (2018) Morfometri Anaphalis javanica (Reinw.ex Bl.) Schultz ex Boerl. dan Anaphalis longifolia (Bl.) Blume ex DC. Di Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Other thesis, UAJY.

[img] Text (Vinsensius Lonarsim)
BL01287.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, salah satunya berada di datara yaitu gunung. Salah satu tumbuhan yang dapat hidup di Gunung adalah edelweis. Edelweis hidup di tanah yang kurang unsur hara dan menurut IUCN tumbuhan ini termasuk dalam kondisi terancam keberadaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan morfometri tumbuhan edelweis A. javanica dan A. longifolia di Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Penelitian ini dilakukan pada November 2016 – November 2017 di sepanjang jalur pendakian Selo Taman Nasional Gunung Merbabu dan di sepanjang jalur pendakian Candi Cetho Gunung Lawu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara Explorasi, sampel diambil pada lokasi yang dapat dijangkau di sepanjang jalur pendakian di beberapa ketinggian yang sudah ditentukan (stasiun). Data morfometri dianalisis dengan menggunakan metode PCA (Principal Component Analysis), untuk mencari komponen penting. Hasil komponen penting yang didapat menjelaskan keseluruhan data dengan nilai varian sebesar 90%, karater yang termasuk dalam komponen penting tersebut adalah tinggi tanaman (TT), diameter kanopi (DK), banyak cabang (BC) dan tinggi cabang pertama (TCP). Kemudian data dilanjutkan dengan analisis Cluster dengan metode Average Linkage dan centroid Linkage). Hasil didapat bahwa A. longifolia di Gunung Merbabu tidak memiliki kemiripan dengan A. longifolia di Gunung Lawu, A. javanica di Gunung Merbabu dan A. javanica di Gunung Lawu. Sedangkan A. longifolia di Gunung Lawu, A. javanica di Gunung Merbabu dan A. javanica di Gunung Lawu memiliki perbedaan, namun tidak signifikan. Karakter yang menunjukkan ketidakserupaan antara A. longifolia di Gunung Merbabu dengan A. longifolia di Gunung lawu, A. javanica di Gunung Merbabu maupun A. javanica di Gunung Lawu adalah karakter batang yaitu; tinggi tanaman (TT), diameter kanopi (DK), tinggi cabang pertama (TCP), jarak antar nodus (JAN), dan banyak cabang (BC).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jan 2019 02:57
Last Modified: 18 Jan 2019 02:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item