PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016)

Kusuma, Christina (2018) PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Christina Kusuma)
EA21216.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari income smoothing terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan jasa yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 585 perusahaan selama 5tahun. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen, independen, dan kontrol. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return saham sedangkan variabel independennya adalah income smoothing. Variabel kontrol dalam penelitian ini yaitu Price to Book Value (PBV) dan Size. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa income smoothing tidak berpengaruh terhadap return saham. Selain itu, variabel kontrol size juga tidak berpengaruh terhadap return saham sedangkan pbv berpengaruh positif terhadap return saham.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: income smoothing, return saham, price to book value, size
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2019 02:41
Last Modified: 22 Jan 2019 02:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item