KEANEKARAGAMAN DAN KEMELIMPAHAN GASTROPODA SERTA BIVALVIA DI ZONA INTERTIDAL PANTAI TELUK MEKAKI, SEKOTONG, LOMBOK BARAT

Tunardi, Kevin Isaac (2018) KEANEKARAGAMAN DAN KEMELIMPAHAN GASTROPODA SERTA BIVALVIA DI ZONA INTERTIDAL PANTAI TELUK MEKAKI, SEKOTONG, LOMBOK BARAT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Kevin Isaac Tunardi)
BL01529.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lautan yang luas memiliki potensi sebagai ekosistem untuk tempat tinggal hewan khususnya hewan air. Indonesia dikenal sebagai pusat segitiga karang dunia atau jantung dari "The Coral Triangle" yang merupakan kawasan perairan yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dengan lebih dari 70 genus dan 500 spesies karang, dan 18 % terumbu karang dunia berada di perairan Indonesia. Moluska, khususnya gastropoda dan bivalvia memiliki peranan penting bagi ekosistemnya dan kehadiran mereka mampu menandakan suatu ekosistem laut yang sehat. Tingkat keanekaragaman pada Pantai Teluk Mekaki Lombok Barat dilakukan untuk melihat tingkat keanekaragaman gastropoda dan bivalvia di pantai virgin yang belum banyak terekspos ke publik atau dunia luar. Hasil yang didapatkan dari penelitian pada Bulan Februari-April berupa indeks keanekaragaman sebesar 2,16. Tingkat kemelimpahan tertinggi didapatkan pada spesies Miliariconus coronatus dengan DA 33,33 individu/m2, DR 26,25%, FA 0,36, dan FR 24%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:07
Last Modified: 24 Jan 2019 02:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item