PENURUNAN GLUKOSA DARAH MENCIT (Mus musculus) JANTAN HIPERGLIKEMIA DENGAN VARIASI PENAMBAHAN SERBUK MINUMAN BIJI ALPUKAT (Persea americana Mill.)

Iskandar, Stefanie Glorina (2018) PENURUNAN GLUKOSA DARAH MENCIT (Mus musculus) JANTAN HIPERGLIKEMIA DENGAN VARIASI PENAMBAHAN SERBUK MINUMAN BIJI ALPUKAT (Persea americana Mill.). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Stefanie Glorina Iskandar)
BL01337.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Biji alpukat merupakan salah satu biji pada buah yang mempunyai ukuran yang besar. Biji alpukat umumnya tidak digunakan oleh manusia sebagai bahan pangan sehingga menjadikannya limbah, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa biji alpukat mempunyai banyak senyawa fitokimia yang terdiri dari golongan fenolik, flavonoid, saponin, dan tanin yang memberikan efek positif bagi tubuh bila dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hiperglikemia dan berat badan mencit yang diberi berbagai variasi dosis serbuk minuman terhadap mencit. Hasil penelitian ini memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap penurunan kadar glukosa darah dan berat badan mencit. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 3 dosis (dalam mg/kgBB) dan 1 kontrol, pemberian serbuk biji minuman alpukat yakni 180, 360, 540, dan kontrol positif (0 mg/kgBB). Hasil parameter yang diuji seperti total fenolik dengan hasil ekstrak tepung biji alpukat sebesar 303,8 mg GAE/100 gram biji sedangkan pada serbuk minuman biji alpukat sebesar 415,03 mg GAE/100 gram serbuk, total tanin dengan hasil ekstrak tepung biji alpukat sebesar 8,2 % sedangkan pada serbuk minuman biji alpukat sebesar 9,3764 %, saponin dengan hasil positif pada ekstrak tepung biji alpukat maupun serbuk minuman biji alpukat, warna pada ekstrak tepung biji alpukat memiliki warna oranye sedangkan pada serbuk minuman biji alpukat memiliki warna putih/ sumber cahaya, kadar air serbuk minuman biji alpukat sebesar 2,6 %, kadar abu serbuk minuman biji alpukat sebesar 0,963 %, angka lempeng total serbuk minuman biji alpukat tidak terdeteksi adanya bakteri, koliform serbuk minuman biji alpukat menunjukkan hasil < 3 AMP/g, kadar glukosa darah mencit hiperglikemia dan berat badan mencit hiperglikemia memberikan hasil yang beda nyata antar perlakuan. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah pemberian serbuk biji alpukat dengan dosis 540 mg/kgBB.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak tepung biji alpukat, serbuk minuman, total fenolik, total tanin, total saponin, kadar glukosa darah mencit hiperglikemia, dan berat badan mencit hiperglikemia
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:35
Last Modified: 30 Jul 2019 05:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item