AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KELOPAK BUAH DENGEN (Dillenia serrata Thunb.) TERHADAP Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus

Gasri, Ofir Mayanto (2018) AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KELOPAK BUAH DENGEN (Dillenia serrata Thunb.) TERHADAP Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ofir Mayanto Gasri)
BL01514.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dillenia serrata (Dengen) merupakan tumbuhan endemik dari pulau Sulawesi dan belum banyak diketahui manfaatnya, terlebih sebagai antibakteri. Buah Dengen yang belum matang diselimuti kelopak buahnya, sehingga diindikasikan memiliki aktivitas antibakteri sebagai perlindungan pada buah dari bakteri perusak buah. Penelitian ini bertujuan mengetahui daya hambat optimum ekstrak kelopak buah Dengen terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Kelopak buah Dengen tersebut diekstraksi dengan 2 pelarut yang masing-masing bersifat polar dan nonpolar, yaitu metanol dan n-heksan. Ekstraksi dilakukan secara remaserasi. Ekstrak metanol dan n-heksan diuji kandungan fitokimianya dengan uji alkaloid, flavonoid, tanin, triterpenoid/steroid dan saponin. Ekstrak metanol dan n-heksan masing-masing dibagi ke dalam 3 konsentrasi sebagai perlakuan untuk pengujian antibakteri yaitu 30, 60 dan 90%. Pengujian antibakteri dilakukan dengan metode difusi cakram (papper disk) dengan pengulangan sebanyak 5 kali. Hasil pengujian kandungan fitokimia ekstrak menunjukkan kelopak buah dengen mengandung alkaloid, flavonoid, tanin, triterpenoid/steroid dan saponin. Hasil pengujian aktivitas antibakteri menunjukkan besar daya hambat optimum terhadap pertumbuhan E. coli diperoleh pada ekstrak metanol konsentrasi 90% dengan diameter zona hambat sebesar 0,495 cm. Selain itu, daya hambat optimum terhadap pertumbuhan S. aureus diperoleh pada ekstrak n-heksan konsentrasi 90% dengan diameter zona hambat sebesar 0,54 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:44
Last Modified: 24 Jan 2019 04:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item