Implementasi Strategi Kehumasan UAJY di Era Digital

Astuti, R.A. Vita N.P. (2018) Implementasi Strategi Kehumasan UAJY di Era Digital. In: Conference on Media, Communication, and Sociology (COMICOS) 2018 INOVASI, KOMUNIKASI, KOLABORASI: “Strategi dan Kajian Membangun Masyarakat Kreatif di Era Digital”, 29 -30 November 2018, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Implementasi Strategi Kehumasan-R.A. VITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Walaupun Perguruan Tinggi termasuk organisasi non-profit, kegiatan kehumasan tetap harus dilakukan untuk menciptakan dan meningkatkan eksistensi PT di dunia pendidikan. Banyaknya perguruan tinggi negeri, swasta maupun asingdi Indonesiamembuat persaingan antar universitas cukup tinggi. Kekuatan di dalam persaingan ini sangat didukung oleh kegiatan kehumasan karena kewajiban utama Kantor Humas adalah memberi informasi dan mempertahankan citra baik institusi. Tantangan kegiatan kehumasan PT dalam era teknologi dan informasi dan di era persaingan antar universitas cukup kompetitif. Media informasi berkembang sangat cepat dari media cetak, publik dan elektronik, serta media online dan internet, terutama media sosial. Budaya masyarakat berkembang menjadi budaya instan yang membutuhkan informasi serba cepat. Masyarakat juga semakin kritis dengan adanya banyak pilihan universitas. Dengan tantangan tersebut, paper ini menganalisis bagaimana Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengimplementasikan strategi kehumasan di era digital. Menggunakan konsep PR Strategy (Oliver, 2010), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Kantor Humas, Sekretariat dan Protokol (KHSP) UAJY telah memanfaatkan teknologi informasi terkini dalam strateginya berhubungan dengan stakeholder tanpa meninggalkan cara-cara konvensional. Penyesuaian dan pertahanan dengan sistem baru dan lama menjadikan tujuan tercapat dan meningkatkan kualitas kehumasan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: strategy, public relations, university, digital era
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:56
Last Modified: 24 Jan 2019 04:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item