ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA LAPIS TANAH DI DAERAH MONJALI DAN CONDONGCATUR

NOVITA THERESIA, MANIK (2018) ANALISA POTENSI LIKUIFAKSI PADA LAPIS TANAH DI DAERAH MONJALI DAN CONDONGCATUR. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS154720.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS154721.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS154722.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS154723.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS154724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB V)
TS154725.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS154726.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi adalah salah satu fenomena alam yang tidak diketahui kapan tejadinya yang mengakibatkan kerusakan gedung, jalan dan juga dapat menyebabkan likuifaksi. Likuifaksi adalah suatu kondisi dimana tanah akan mengalami deformasi yang kontinu pada tegangan sisa atau tahanan sisa yang rendah akibat terbentuknya tekanan air pori yang tinggi yang mengurangi tekanan efektif hingga menjadi sangat rendah (Seed 1979). Pada penelitian ini penulis meninjau lapis tanah di sekitaran daerah Monjali dan Condongcatur. Untuk menganalisis potensi likuifaksi digunakan metode perbandingan nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR) dan Cyclic Stress Ratio (CSR) dan didapat nilai FS (factor savety), dimana FS menajadi tolak ukur untuk menentukan adanya potensi likuifaksi atau tidak pada daerah yang ditinjau. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu lokasi yang ditinjau terdapat perbedaan pada nilai CRR antara data SPT dan CPT, dimana CRR pada CPT lebih besar dari CRR pada SPT. Hal ini berpengaruh pada nilai FS yang berbeda dari kedua data tersebut. Nilai FS pada SPT lebih kritis dari FS pada data CPT. Dari enam proyek yang dianalisis diperoleh hasil yaitu potensi terjadinya likuifaksi pada umumnya mulai terjadi pada variasi amax/g = 0,2 – 0,3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gempa bumi, likuifaksi, Cyclic Resistance Ratio (CRR), Cyclic Stress Ratio (CSR), FS (factor savety)
Subjects: Civil Engineering > Structure
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:28
Last Modified: 07 Feb 2019 01:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16247

Actions (login required)

View Item View Item