ANALISIS LOAD FACTOR PADA ANGKUTAN UMUM TRANS JOGJA (Studi Kasus Jalur yang Beroperasi pada Tahun 2017)

Fernando, Nicodemus Edo (2018) ANALISIS LOAD FACTOR PADA ANGKUTAN UMUM TRANS JOGJA (Studi Kasus Jalur yang Beroperasi pada Tahun 2017). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS155440.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS155441.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS155442.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS155443.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS155444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB V)
TS155445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS155446.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Di dunia yang sudah maju ini, begitu pentingnya peranan transportasi dalam kegiatan manusia. Salah satu moda transportasi yang masih di butuhkan yaitu angkutan umum. Di Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai angkutan umum yang banyak di gunakan di masyarakat Yogyakarta yaitu Trans Jogja. Perencanaan Operasional Trans Jogja pada bulan agustus tahun 2017 dengan jumlah 128 buah armada melayani 17 trayek. Dengan hal ini, diperlukan analisis untuk mengetahui pendapatan bersih angkutan umum Trans Jogja terhadap adanya trayek baru,armada baru, dan BOK (Biaya Operasional Kendaraan) Trans Jogja 2017 yang baru. Penelitian dilakukan dengan metode analisis data pada angkutan umum Trans Jogja yang beroperasi pada tahun 2017 dan hasil perhitungan penulis berdasar data jumlah tiket per tanggal yang diperoleh dari Dinas Perhubungan DIY 2017. Metode analisis data yaitu penulis mengambil data dengan cara mengikuti perkembangan kinerja Trans Jogja dengan ikut ambil bagian di PT pengelola dan penanggung jawab Trans Jogja yaitu PT Anindya Mitra Internasional dan PT. Jogja Tugu Trans juga berkerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk mendapatkan data yang valid. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai load factor seluruh trayek tidak melebihi 70.0% dapat diartikan armada dan kenyamanan dalam kendaraan sudah cukup baik. Sedangkan dilihat dari jumlah penjualan tiket Trans Jogja yang di bagi 2 (dua) dapat di simpulkan bahwa tiket berlangganan lebih di minati yaitu sebesar 84,20% dalam jangka waktu 1 (satu) tahun. Potensi total pendapatan bersih rata-rata per hari dari seluruh trayek yaitu sebesar Rp. 275.240.660,30 sedangkan pertahun bias mencapai Rp. 100.462.841.007,91 , dari pendapatan tersebut pemerintah per tahunnya masih harus memberikan subsidi sebanyak Rp. 89.130.156.631,511

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Angkutan umum, Trans Jogja,Trayek,Trans Jogja 2017, Biaya Operasional Kendaraan, Pendapatan, Subsidi, Analisis Load Factor
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:48
Last Modified: 06 Feb 2019 02:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16256

Actions (login required)

View Item View Item