PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENTS TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN (Studi penggunaan Karin Novilda sebagai bintang iklan dalam Instagram)

Lanongbuka, Monica Claudia (2018) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENTS TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN (Studi penggunaan Karin Novilda sebagai bintang iklan dalam Instagram). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
EM19185.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan niat pembelian konsumen pada produk atau jasa layanan perusahaan adalah dengan mengintensifkan program periklanan. Pada program periklanan, perusahaan dapat menggunakan seorang endorser untuk mendukung iklan produk atau jasa layanan perusahaan. Selebiriti dengan tingkat popularitas yang tinggi dapat digunakan sebagai endorser dalam iklan. Endorser yang digunakan harus memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. Kredibilitas endorser dapat diukur dengan menggunakan tiga dimensi yaitu attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kredibilitas endorser yang terdiri dari attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap niat pembelian konsumen. Endorser yang digunakan pada penelitian ini adalah Karin Novilda sebagai selebgram di Instagram. Penelitian ini menggunakan 150 orang responden di Yogyakarta yang masuk dalam generasi milenial. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis one sample t-test dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Penilaian responden pada daya tarik Karin Novilda sebagai bintang iklan di Instagram termasuk dalam kategori yang tinggi. 2) Penilaian responden pada kepercayaan pada Karin Novilda sebagai bintang iklan di Instagram termasuk dalam kategori yang tinggi. 3) Penilaian responden pada keahlian Karin Novilda sebagai bintang iklan di Instagram termasuk dalam kategori yang tinggi. 4) Attractiveness, trustworthiness, dan expertise secara signifikan mampu memprediksi 74,9% perubahan niat pembelian konsumen pada produk-produk yang diiklankan Karin Novilda di Instagram. 5) Attractiveness, trustworthiness, dan expertise memiliki pengaruh yang positif dan signifikan untuk meningkatkan niat pembelian konsumen pada produk-produk yang diiklankan Karin Novilda di Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Attractiveness, trustworthiness, expertise dan niat beli
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2019 03:17
Last Modified: 06 Feb 2019 03:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16263

Actions (login required)

View Item View Item