MARCELINO IVAN, KANOENA (2018) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : U-Turn Jl Laksda Adisucipto – Depan Babarsari Junction). S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TS155420.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS155421.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS155422.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TS155423.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TS155424.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text (BAB V)
TS155425.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS155426.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah. Jalan Laksda Adisucipto di Yogyakarta merupakan jalan dengan tipe empat lajur dua arah (4/2T) dan telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengakomodir kendaraan melakukan gerakan putar balik arah (U-turn). Jl Laksda Adisucipto depan Babarsari Junction di Yogyakarta merupakan jalan dengan tingkat kesibukan yang tinggi, adapun posisi fasilitas u-turn yang sangat berdekatan dengan traffic light sehingga kendaraan yang memutar balik arah akan mempengaruhi kecepatan kendaraan searah maupun kecepatan kendaraan dari arah berlawanan, diruas jalan ini juga memiliki banyak hambatan samping seperti banyaknya kendaraan keluar masuk, adanya bus umum dan bus transjogja yang sering berhenti sehingga dapat menimbulkan atau memperparah kemacetan di ruas jalan Laksda Adisucipto depan Babarsari Junction. Oleh karena itu maka perlu diketahui pengaruh fasilitas u-turn terhadap kinerja jalan. Penelitian dilakukan pada fasilitas u-turn depan Babarsari Junction yang berada di ruas Jl Laksda Adisucipto Yogyakarta. Pengamatan dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu 12 Mei 2018 dan hari Senin 14 Mei 2018. Adapun waktu pengamatan dilakukan pada pagi hari pukul 06.30-08.30, siang hari pukul 12.00-14.00, dan pada sore hari pukul 16.00-18.00 dengan interval waktu setiap 15 menit. Data yang di ambil pada penelitian ini meliputi data geometric jalan, data volume lalu lintas, data hambatan samping, data waktu tempuh, data volume kendaraan memutar, data panjang antrian, waktu memutar dan waktu tundaan. Data kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan Pedoman Perencanaan Putaran Balik 2005. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah timur ke barat dari 3166,7 skr/jam menjadi 2764 skr/jam dan arah barat ke timur dari 1930,05 skr/jam menjadi 2332,75 skr/jam, karena adanya perubahan arus ini maka menyebabkan perubahan derajat kejenuhan ke arah barat dari 0,89 menjadi 0,78 dan arah ke timur dari 0,61 menjadi 0,75, serta perubahan kecepatan tempuh kendaraan untuk arah ke timur sebesar 37,35 % yang dipengaruhi oleh radius putar dan waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk memutar serta adanya bus umum dan bus transjogja yang sering berhenti di ruas jalan, dan untuk arah ke barat sebesar 24,5 % yang dipengaruhi oleh panjang antrian dan waktu tundaan. Adapun tundaan rata-rata kendaraan sebesar 32,34 detik, rata-rata panjang antrian sebesar 33,5 m dan rata-rata waktu memutar kendaraan ringan sebesar 14,52 detik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, kinerja u-turn, pengaruh. |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 04:04 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 04:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16311 |
Actions (login required)
View Item |