CHARLES BERNANDO, ASBANU (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN CIK DI TIRO ARAH UTARA – SELATAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TS157030.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS157031.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS157032.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TS157033.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TS157034.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text (BAB V)
TS157035.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS157036.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Jalan Cik Di Tiro merupakan jalan yang sangat sibuk karena terletak di tengah perkotaan. Aktivitas masyarakat yang begitu beragam seperti universitas, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit serta sekolah membuat kinerja ruas jalan Cik Di Tiro begitu tinggi sehingga mengakibatkan kemacetan di jalan tersebut. Penyebab kemacetan tidak hanya berasal dari tingginya jumlah kendaraan di jalan tetapi juga terjadi karena beberapa hal seperti kendaraan keluar masuk gedung, kendaraan berhenti dan parkir, penggunaan trotoar sebagai tempat berjualan yang mengakibatkan para pejalan kaki masuk kedalam badan jalan, dan manajemen lalu lintas yang salah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja ruas jalan dan tingkat pelayanan pada ruas Jalan Cik Di Tiro. Penelitian pada ruas Jalan Cik Di Tiro dilakukan dengan cara pengambilan 2 data yaitu data primer berupa volume kendaraan, kecepatan, dan hambatan samping, dan data sekunder berupa jumlah penduduk. Analisis data dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, untuk mengetahui kinerja dari jalan Cik Di Tiro Penelitian dilakukan pada tanggal 28 dan 30 April 2018 di 2 segmen dan dilakukan analisis yang menghasilkan hasil yang tidak jauh berbeda seperti pada segmen I didapat volume lalu lintas (Q) 1317,1 smp/jam, kapasitas (C) 1411,34 xiii smp/jam, kecepatan 20,61km/jam, hambatan samping 677,1, dan DS 0,93 sehingga tingkat pelayanan berdasarkan nilai LoS dikategorikan E. Melihat masalah kemacetan yang terjadi terjadi perubahan manajemen lalu lintas pada bundaran UGM sehingga penulis melakukan pengambilan data kembali pada jam puncak yaitu pada 25 Agustus 2018 dan dilakukan analisis yang sama maka pada segmen I didapat volume lalu lintas (Q) 946,5 smp/jam, kapasitas (C) 1411,34 smp/jam, kecepatan 27,92 km/jam, hambatan samping 627,6, dan DS 0,67 sehingga tingkat pelayanan berdasarkan nilai LoS dikategorikan C maka dapat disimpulkan bahwa perubahan manajemen lalu lintas memberikan peningkatan pada tingkat pelayanan di ruas Jalan Cik Di Tiro.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, kapasitas, kecepatan arus bebas, hambatan samping, tingkat pelayanan. |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 05:43 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 05:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16328 |
Actions (login required)
View Item |