KAJIAN TERHADAP LIMBAH KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL @HOM DI YOGYAKARTA

Handayani, Benedikta Putri Setyo (2018) KAJIAN TERHADAP LIMBAH KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL @HOM DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
TS14853.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan Infrastruktur sangat mempengaruhi perekonomian Nasional. Pembangunan infrastruktur baru tidak hanya dilakukan pada lahan - lahan yang masih kosong saja tetapi dilakukan juga pembangunan infrastruktur baru untuk menggantikan infrastruktur lama. Pembangunan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan manusia tidak terlepas dari penggunaan berbagai jenis sumber daya alam sebagai material (Ervianto dalam Astri, 2012). Dengan ketersediaan infrastruktur memadai dapat mempercepat pembangunan disuatu wilayah dan memenuhi kebutuhan pengunjung tentunya akan meningkat jumlah pengujung yang berkunjung pada kawasan wisata tesebut. Penyediaan infrastruktur yang baik perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing kawasan wisata tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi manajemen limbah proyek konstruksi dan untuk mengetahui jenis – jenis limbah konstruksi serta mengetahui cara pengelolaan limbah konstruksi di Proyek Pembangunan Hotel @HOM yang sedang berlangsung di Yogyakarta. Penelitian ini diambil dari 8 responden yang terdiri dari project manager, site manager, site engineer dan mandor Responden memberi penilaian terhadap infrastruktur dengan spesifikasi yang telah tercantum di kuesioner yang berdasarkan 10 parameter dengan mengacu pada Greenship Existing Building Version 1.0 (GBCI) 2011 dari hasl analisis mean manajemen limbah konstruksi didapatkan nilai mean 2,65 dan dapat dikatakan manajemen limbah konstruksi tersebut baik. Dan berdasarkan survey lapangan jenis – jenis limbah yang dihasilkan pada proyek tersebut ada 3 (tiga) yaitu limbah padat, limbah cair dan limbah gas. Hasil akhir dari upaya pengelolaan limbah konstruksi pada proyek tersebut ada 5 (lima) yaitu menggunakan kembali limbah konstruksi (reuse), menjual kembali limbah konstruksi, mendaur ulang limbah konstruksi, memberikan kepada orang lain/pihak ketiga dan membuang limbah konstruksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur, limbah konstruksi, pembangunan, upaya pengelolaan, GBCI (2011), nilai mean dan standar deviasi.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:19
Last Modified: 08 Feb 2019 02:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16375

Actions (login required)

View Item View Item