ANALISIS LEAN MANUFACTURING DENGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DI PERUSAHAAN PERAK X

MERCYANO, CHRISTI (2018) ANALISIS LEAN MANUFACTURING DENGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DI PERUSAHAAN PERAK X. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI077220.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI077221.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI077222.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI077223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB IV)
TI077224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
TI077225.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI077226.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada proses pembuatan perak di Perusahaan Perak X. Produk yang menjadi objek penelitian adalah kategori perhiasan yaitu anting filigree dengan penambahan ornamen pada produk. Permasalahan yang terjadi adalah lead time proses pembuatan perak yang melebihi standar lead time yang telah ditetapkan oleh perusahaan sehingga menyebabkan keterlambatan dalam menyelesaikan produk dan sebelumnya belum pernah dilakukan analisis keterlambatan proses pembuatan produk perak di Perusahaan Perak X. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan lean manufacturing dengan alat analisis yang digunakan adalah value stream mapping. Pada penggambaran current state map menunjukkan non value added activity terbesar pertama pada proses pembuatan benang perak. Namun karena proses pembuatan benang perak dipengaruhi oleh budaya dan keunikan sebagai ciri khas yang harus dipertahankan oleh Perusahaan Perak X, maka dipilih aktivitas terbesar kedua sebagai dasar pembuatan future state map yaitu proses mempersiapkan bahan dan peralatan dimana ditemukan jenis waste motion dan transportation. Permasalahan waste pada proses mempersiapkan bahan dan peralatan hampir terdapat pada tiap aktivitas utama. Usulan perbaikan pada penelitian ini adalah mendesain ulang layout lantai produksi dengan menata ulang dan memindahkan lemari, merancang desain laci operator, dan merancang desain rak. Persentase value added activity meningkat 3% setelah dilakukannya perbaikan sehingga lead time proses menjadi 6,97 jam dan telah memenuhi standar lead time yang ditetapkan Perusahaan Perak X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Value Added Activity, Non Value Added Activity, Lead Time.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:17
Last Modified: 08 Feb 2019 02:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16376

Actions (login required)

View Item View Item