PENINGKATAN EFISIENSI PROSES BISNIS DI KUKI BAKERY

DEWI, VITA UTARI (2018) PENINGKATAN EFISIENSI PROSES BISNIS DI KUKI BAKERY. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI07843.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan usaha yang paling pesat saat ini adalah pada sektor kuliner. Berdasar data dari Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI) tahun 2016 menunjukkan industri roti di Indonesia tumbuh 10-15% per tahun. Hal tersebut mendorong pelaku usaha bakery untuk dapat mengembangkan usahanya. Dalam mengembangkan usaha dibutuhkan sistem bisnis yang baik. Salah satunya dengan proses bisnis yang merupakan kumpulan aktivitas terstruktur yang saling berhubungan pada organisasi. Pengembangan dari proses bisnis yaitu sebuah petunjuk kerja baku yang dapat menggunakan dokumen Standard Operating Procedure (SOP) untuk menyelesaikan tugas rutin atau berulang dengan cara yang efektif dan efisien. Kuki Bakery merupakan salah satu usaha bakery yang berlokasi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang didirikan pada tahun 2009. Dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, Kuki mempunyai dua pemenuhan order yaitu make to stock dan make to order. Kuki Bakery berencana untuk membuka cabang baru namun terdapat permasalahan pada proses bisnis pemenuhan order secara make to order pada proses menerima pesanan offline, menerima pesanan online, merekap pesanan offline, merekap pesanan online, pemeriksaan bahan baku, pengemasan, dan menerima produk pesanan. Penelitian dilakukan untuk memperbaiki proses bisnis serta merancang Standard Operating Procedure (SOP) dengan menggunakan metodologi Model-Based and Integrated Process Improvement (MIPI). Penggunaan metodologi ini hanya sampai tahap keempat. Tahapan yang digunakan yaitu identifikasi kebutuhan bisnis, identifikasi proses bisnis awal, analisis proses, dan merancang proses bisnis usulan. Perbaikan proses bisnis menghasilkan peningkatan efisiensi untuk setiap prosedur. Standard Operating Procedure (SOP) yang dirancang menghasilkan tujuh prosedur yaitu prosedur menerima pesanan offline, menerima pesanan online, merekap pesanan offline, merekap pesanan online, pemeriksaan bahan baku, pengemasan, dan menerima produk pesanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemenuhan order, proses bisnis, Model-Based and Integrated Process Improvement (MIPI), Standard Operating Procedure (SOP)
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:44
Last Modified: 11 Feb 2019 01:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16450

Actions (login required)

View Item View Item