PENGARUH ATHLETE ENDORSEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP HUBUNGAN CITRA MEREK DAN NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Michael Jordan Terhadap Merek Air Jordan)

Tangel, Hesky Hero (2018) PENGARUH ATHLETE ENDORSEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP HUBUNGAN CITRA MEREK DAN NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Michael Jordan Terhadap Merek Air Jordan). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
EM20358.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh athlete endorsement sebagai variabel mediasi terhadap hubungan citra merek dan niat beli konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i yang mengetahui athlete endorsement Michael Jordan dan yang mengetahui merek air jordan sebanyak 148 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara ONLINE dengan mengirimkan link kuesioner dari google forms yang kemudian di sebar di grup LINE dan WhatsApp. Metode analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi berganda, dan path analysis untuk menguji mediasi. Hasil penelitian dari regresi sederhana menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen pada merek nike air Jordan. Athlete endorsement juga meliliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Hasil pengujian path analysis dalam penelitian ini menunjukan bahwa bahwa citra merek berpengaruh secara langsung pada niat beli dan secara tidak langsung juga berpengaruh pada niat beli melalui athlete endorsement sebagai variabel mediasi. Variabel citra merek diketahui masih mempunyai pengaruh langsung yang signifikan pada variabel niat beli setelah mengontrol variabel athlete endorsement, sehingga athlete endorsement pada penelitian ini bukan sebagai perfect atau complete mediation tetapi partial mediation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Athlete endorsemen, citra merek, dan niat beli konsumen.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:59
Last Modified: 11 Feb 2019 03:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item