ANALISIS PERSEDIAAN OBAT DENGAN PENGGUNAAN METODE ANALISIS ABC NILAI PAKAI DAN NILAI INVESTASI (Studi Kasus Pada Puskesmas Depok III)

Pamungkas, Julian Bagus (2018) ANALISIS PERSEDIAAN OBAT DENGAN PENGGUNAAN METODE ANALISIS ABC NILAI PAKAI DAN NILAI INVESTASI (Studi Kasus Pada Puskesmas Depok III). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM20776.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan dan menganalisa pemesanan ulang padapersediaan obat Puskesmas Depok III selama tahun 2017. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan dta sekunder bersumber dari Laporan Pemberian dan Penerimaan Obat (LPPO). Alat analisis yang digunakan untuk mengukur persediaan obat dengan menggunakan metode analisis ABC dan ROP (Re-Order Point). Berdasarkan pendekatan metode analisis ABC pada studi kasus di Puskesmas Depok III, terlihat jika dilihat dari nilai investasi, pengelompokan obat yang tergolong dalam obat A hanya menyerap kurang dari 5% total obat keseluruhan begitu juga dengan obat B dan sisanya diserap oleh golongan C (90%). Meski begitu total investasi dari golongan C hanya menyerap sekitar 10% dari total investasi dengan penyerapan terbesar terdapat padaa golongan obat A sebesar 75%. Berdasarkan ROP, titik pemesanan ulang setiap obat memiliki variasi dikarenakan setiap obat memiliki permintaan yang beragam. Oleh karena itu penting untuk mengelompokan obat yang dibutuhkan saat urgensi karena jika pemesanan yang dilakukan secara estimasi bisa mengakibatkan biaya persediaan yang besar dan kemungkinan terjadinya stock-out tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis ABC nilai pakai, Analisis ABC nilai investasi, Re-Order Point, Safety stock,
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2019 04:09
Last Modified: 11 Feb 2019 04:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item