Anggraini, Veronika Shelvia (2018) USER EXPERIENCE TERHADAP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SITUS WEB E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EYE TRACKING (Penelitian Eksperimental tentang Pengalaman First Jobber Kota Yogyakarta terhadap Desain Komunikasi Visual Situs Web Tokopedia.com, Bukalapak.com, dan Elevenia.co.id saat Membeli Produk iPhone 6). S1 thesis, UAJY.
|
Text
KOM04261.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Desain visual pada halaman antarmuka situs web e-commerce berperan penting dalam menciptakan pengalaman berbelanja konsumen, sebab komunikasi berlangsung secara ‘screen to face’. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana pengalaman pengguna (user experience) terhadap desain komunikasi visual situs web Tokopedia, Bukalapak, dan Elevenia. Metode eye tracking dilakukan untuk melihat perhatian visual responden saat berinteraksi dengan desain visual website dalam proses pembelian barang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain komunikasi visual pada situs web Bukalapak unggul dibandingkan Tokopedia dan Elevenia, sebab dianggap paling memudahkan user dalam proses pembelian barang. Penilaian user experience ini didasari oleh 4 aspek yakni; usefulness, usability, aesthetics, dan emotions.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Experience, Desain Komunikasi Visual, E-Commerce, Eye Tracking |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 01:51 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 01:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16516 |
Actions (login required)
View Item |