USER EXPERIENCE TERHADAP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SITUS WEB E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EYE TRACKING (Penelitian Eksperimental tentang Pengalaman First Jobber Kota Yogyakarta terhadap Desain Komunikasi Visual Situs Web Tokopedia.com, Bukalapak.com, dan Elevenia.co.id saat Membeli Produk iPhone 6)

Anggraini, Veronika Shelvia (2018) USER EXPERIENCE TERHADAP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SITUS WEB E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EYE TRACKING (Penelitian Eksperimental tentang Pengalaman First Jobber Kota Yogyakarta terhadap Desain Komunikasi Visual Situs Web Tokopedia.com, Bukalapak.com, dan Elevenia.co.id saat Membeli Produk iPhone 6). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
KOM04261.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Desain visual pada halaman antarmuka situs web e-commerce berperan penting dalam menciptakan pengalaman berbelanja konsumen, sebab komunikasi berlangsung secara ‘screen to face’. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana pengalaman pengguna (user experience) terhadap desain komunikasi visual situs web Tokopedia, Bukalapak, dan Elevenia. Metode eye tracking dilakukan untuk melihat perhatian visual responden saat berinteraksi dengan desain visual website dalam proses pembelian barang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain komunikasi visual pada situs web Bukalapak unggul dibandingkan Tokopedia dan Elevenia, sebab dianggap paling memudahkan user dalam proses pembelian barang. Penilaian user experience ini didasari oleh 4 aspek yakni; usefulness, usability, aesthetics, dan emotions.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: User Experience, Desain Komunikasi Visual, E-Commerce, Eye Tracking
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:51
Last Modified: 12 Feb 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16516

Actions (login required)

View Item View Item