PEMBANGUNAN APLIKASI PERMAINAN PERAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ARITMETIKA

Purwantoro, Satyaga Agung (2018) PEMBANGUNAN APLIKASI PERMAINAN PERAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ARITMETIKA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF072620.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF072621.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF072622.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TF072623.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TF072624.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB V)
TF072625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF072626.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Manusia dalam kesehariannya tidak dapat dipisahkan dari proses perhitungan, baik dalam skala besar maupun kecil, secara rumit maupun sederhana. Matematika tumbuh menjadi sebuah ilmu yang dianggap penting dan harus dimiliki oleh setiap manusia untuk dapat bertahan hidup agar terhindar dari kecurangan. Namun sayangnya, banyak orang yang masih kesulitan untuk melakukan perhitungan matematika baik dalam tingkatan yang mendasar seperti operasi aritmetika. Penelitian ini mencoba untuk membangun sebuah aplikasi permainan matematika yang dikemas dalam model permainan peran. Salah satu fitur dari permainan ini adalah tingkat kesulitan soal yang dapat menyesuaikan dengan kemampuan pemain. Permainan dibangun untuk perangkat telepon pintar berbasis Android menggunakan Unity Game Engine. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah terselesaikannya Pembangunan Aplikasi Permainan Peran Sebagai Media Pembelajaran Aritmetika. Berdasarkan hasil kuisioner, 93% responden menyatakan bahwa aplikasi permainan yang dibangun menarik untuk dimainkan. Selain itu, terjadi peningkatan rata - rata nilai tes soal aritmetika yang dikerjakan oleh responden sebelum dan sesudah memainkan aplikasi. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan metode paired sample t test, terjadi peningkatan rata – rata nilai tes responden. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa aplikasi permainan yang dibangun dapat membantu meningkatkan kemampuan aritmetika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: matematika, aritmetika, permainan, android.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:20
Last Modified: 12 Feb 2019 01:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16517

Actions (login required)

View Item View Item