RINA, VITA MADYA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN REBRANDING UNTUK MENCIPTAKAN BRAND IMAGE (Studi Deskriptif Kualitiatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Rebranding Tahun 2017 oleh CGV untuk Menciptakan Brand Image). S1 thesis, UAJY.
|
Text
KOM04886.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Membangun sebuah brand yang kuat membutuhkan strategi yang tepat untuk dapat diterima oleh target konsumennya. Brand merepresentasikan seluruh komponen dari produk atau jasa, sehingga brand bertugas untuk mengkomunikasikan produk atau jasa di benak konsumen. Begitu pula jika terjadi perubahan brand (rebranding), perusahaan harus mampu untuk mengkomunikasikan kepada target konsumen mereka untuk membangun sebuah brand yang kuat. CGV melakukan rebranding dengan mengusung citra bioskop cultureplex pada awal tahun 2017. Brand management harus mampu untuk mengkomunikasikan perubahan brand dengan tepat untuk menanamkan citra baru. Strategi komunikasi pemasaran untuk menyampaikan rebranding harus dilakukan sebagai konsekuensi dari kebijakan perubahan brand yang dilakukan. Tentu saja komunikasi yang dibentuk harus mampu mempertahankan citra positif di hadapan stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran rebranding untuk menciptakan brand image. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menjelaskan secara rinci terkait strategi komunikasi pemasaran rebranding untuk menciptakan brand image. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara semi terstruktur, studi pustaka, annual report, dan dokumentasi. Narasumber penelitian adalah head of brand marketing, Wisnu Triatmojo dan part of brand marketing, Cempaka Cita. Triangulasi data dilakukan dengan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran dalam menyampaikan rebranding direncanakan dan dijalankan oleh brand marketing dengan menyampaikan satu pesan terintegrasi yang disampaikan melalui promotional tools sebagai media penyampaian terkait brand image bioskop cultureplex sebagai brand image CGV. Aktivitas komunikasi rebranding berfokus 2 pada penyampaian pesan positioning yang dikembangkan melalui beberapa aktivitas yang mewakili brand image CGV.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi pemasaran, rebranding, brand image, CGV. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 02:10 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 02:10 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16523 |
Actions (login required)
View Item |