ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK PEKERJA RUMAH MAKAN RAYA’S KITCHEN DAN COFFEE

ALFONSO, BERLIN BASTIAN (2018) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK PEKERJA RUMAH MAKAN RAYA’S KITCHEN DAN COFFEE. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TI072190.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI072191.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI072192.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI072193.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB IV)
TI072194.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TI072195.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Raya’s Kitchen and Coffee merupakan salah satu dari sekian banyaknya industri jasa yang ada di kota Yogyakarta. Tempat ini menyediakan masakan khas Indonesia sekaligus berbagai macam jenis kopi. Berdasarkan Hasil wawancara dan penelitian yang dilakukan, diperoleh terdapat beberapa pekerja yang mengalami kelelahan dan kurang konsentrasi saat bekerja. Penelitian ini dilakukan untuk menguji beban kerja mental dan fisik pekerja untuk jenis pekerjaan dan jenis kelamin yang berbeda dan kemudian dilihat apakah terdapat perbedaan beban kerja mental dan fisik yang terjadi antara pekerja yang satu dengan yang lainnya. Pengukuran beban fisik secara objektif yaitu dengan menghitung denyut nadi pekerja yang kemudian dikonversi menjadi nilai konsumsi oksigen sedangkan beban kerja mental dilakukan dengan metode NASA – TLX. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu Pada bagian barista dan kitchen beban kerja fisik yang dirasakan masuk dalam kategori sangat ringan sedangkan pada bagian server beban kerja fisik yang dirasakan masuk kategori ringan dan konsumsi oksigen antara barista, kitchen dan server adalah berbeda. Pada bagian server dan kitchen beban kerja mental yang dirasakan masuk dalam kategori tinggi sedangkan pada bagian barista beban kerja mental yang dirasakan masuk kategori sangat tinggi dan ketiga jenis pekerjaan tidak berbeda secara signifikan atau sama. Beban kerja fisik pekerja laki – laki pada bagian barista adalah ringan dan beban kerja fisik pekerja perempuan pada bagian barista adalah ringan. Beban kerja fisik pekerja laki – laki pada bagian kitchen adalah ringan dan beban kerja fisik pekerja perempuan pada bagian kitchen adalah ringan. beban kerja fisik pekerja laki – laki pada bagian server adalah ringan dan beban kerja fisik pekerja perempuan pada bagian server adalah moderat. Beban kerja mental pekerja laki – laki pada bagian barista adalah sangat tinggi dan beban kerja mental pekerja perempuan pada bagian barista adalah sangat tinggi. beban kerja mental pekerja laki – laki pada bagian kitchen adalah tinggi dan beban kerja mental pekerja perempuan pada bagian kitchen adalah tinggi. beban kerja mental pekerja laki – laki pada bagian server adalah tinggi dan beban kerja metal pekerja perempuan pada bagian server adalah tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Mental dan Fisik, Nasa – TLX, Raya’s Kitchen and Coffee, Konsumsi Oksigen, Denyut Nadi.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:39
Last Modified: 12 Feb 2019 06:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item View Item