BUS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA ALTERNATIF PENURUNAN PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI (Studi Kasus : SMA dan SMK Kota Yogyakarta)

GEMNAFLE, DESIDERIUS MEICILIANUS (2018) BUS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA ALTERNATIF PENURUNAN PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI (Studi Kasus : SMA dan SMK Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS139290.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS139291.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS139292.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS139293.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS139294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
TS139295.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS139296.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kota Yogyakarta memiliki 43 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 31 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta. Pemilihan moda transportasi murid sekolah menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai pengguna jalan perkotaan. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum. Lebih dari 50% murid menggunakan kendaraan pribadi, hal ini perlu dibatasi, untuk itu alternatif bus sekolah ini diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi. Proses penelitian diawali dengan pembagian kuisioner. hal ini bertujuan untuk mendapatkan data pengguna kendaraan pribadi dan perminatan bus sekolah yang diasumsikan sebagai demand bus. Selain data kuisioner diambil juga populasi murid sekolah dari instansi terkait. Data yang diperoleh kemudian direkap setelah itu melakukan perncangan trayek. Analisis diperlukan untuk memperoleh kebutuhan bus dan memprediksi penurunan penggunaan kendaraan pribadi. Hasil pengambilan data kuisioner dan analisis menunjukan pengguna kendaraan pribadi sebanyak 55% yaitu sebanyak 18.284 murid. Demand atau perminatan murid sebanyak 66,5% dari populasi yaitu sebanyak 22.107 murid. Dan untuk murid yang menggunakan kendaraan pribadi yang bersedia pindah sebanyak 62,27% dari populasi yaitu sebanyak 11.386 murid. Berdasarkan penyebaran sekolah, wilayah pelayanan bus dibagi dalam 6 kelompok wilayah. Jaringan Trayek yang dirancang ada 6 trayek yang melayani 6 kelompok wilayah tersebut dan merupakan trayek yang connected atau terhubung antar trayek. Setiap trayek memiliki kebutuhan bus yang berbeda, trayek 1 membutuhkan 3 armada bus, trayek 2 butuh 5 armada bus, trayek 3 butuh 3 armada bus, trayek 4 butuh 4 armada bus, trayek 5 butuh 3 armada bus, dan trayek 6 butuh 4 armada bus. Total kebutuhan bus yang melayani SMA dan SMK kota Yogyakarta ada 22 Armada Bus dengan analisis Headway dibawah 10 menit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengguna Kendaraan Pribadi, Penurunan Penggunaan Kendraan Pribadi, Kebutuhan Bus.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:18
Last Modified: 13 Feb 2019 01:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item