METODE FUZZY AHP DENGAN UNSIMMETRIC TRIANGLE FUZZY NUMBER PADA KASUS PEMILIHAN SUPPLIER

MAHARANI, IRENE SEPTIN (2018) METODE FUZZY AHP DENGAN UNSIMMETRIC TRIANGLE FUZZY NUMBER PADA KASUS PEMILIHAN SUPPLIER. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TI079550.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI079551.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI079552.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI079553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
TI079554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB V)
TI079555.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI079556.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Multicriteria decision making (MCDM) merupakan pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria. Banyaknya kriteria yang perlu dipertimbangkan mengakibatkan perlunya suatu metode yang mempermudah pengambilan keputusan. Salah satu metode yang sering digunakan dalam permasalahan MCDM adalah dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan alat pengambilan keputusan yang dilakukan dengan melakukan perbandingan berpasangan antar kriteria dan antar alternatif. Metode AHP kemudian dikembangkan menjadi metode Fuzzy AHP (FAHP) karena dalam beberapa permasalahan pengambilan keputusan yang kompleks dapat terjadi keraguan dalam memberikan bobot perbandingan berpasangan. Sehingga bobot perbandingan berpasangan ditentukan sesuai dengan skala himpunan triangular fuzzy number (TFN). Namun, metode Fuzzy AHP juga mempunyai kekurangan apabila bobot perbandingannya tidak mengikuti himpunan TFN. Oleh sebab itu diajukan metode FAHP dengan Unsimmetric Triangular Fuzzy Number. Metode FAHP dengan Unsimmetric Triangular Fuzzy Number dilakukan dengan memberi bobot tiga titik pada perbandingan berpasangan oleh pengambil keputusan. Pengambil keputusan memutuskan sendiri bobot yang ada pada perbandingan berpasangan tanpa berikatan dengan himpunan triangular fuzzy number. Metode yang diajukan diterapkan pada kasus pemilihan supplier di Replika Patung Fiberglass. Hasil dari perbandingan berpasangan unsimmetric FAHP kemudian akan dibandingkan dengan perbandingan berpasangan AHP dan simmetry FAHP. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa nilai bobot total dengan metode unsimmetric FAHP tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai bobot dengan metode AHP dan simmetry FAHP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multicriteria Decision Making (MCDM), Analytical Hierarchy Process (AHP), Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), Triangular Fuzzy Number (TFN), Pemilihan Supplier.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:59
Last Modified: 14 Feb 2019 02:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16618

Actions (login required)

View Item View Item