DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK USULAN DISPLAY PRODUCT DI TOKO X

PONGTULURAN, ABIGAEL (2018) DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK USULAN DISPLAY PRODUCT DI TOKO X. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TI079970.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI079971.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI079972.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI079973.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
TI079974.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TI079975.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI079976.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Sangat penting bagi retailer untuk mengetahui produk yang dibeli oleh konsumen dan mereka harus mampu untuk merespon setiap permintaan konsumen agar retail dapat unggul dalam bersaing. Fenomena yang sering terjadi di retail yaitu purchase dependence atau pembelian item major terkait dengan item minor. Penelitian ini dilakukan di Toko X yang merupakan convenience store atau retail yang menjual kebutuhan sehari-hari. Penataan produk di Toko X menggunakan space toko yang kosong dan rak-rak yang disediakan dan diterapkan berdasarkan feeling retailer tanpa melihat perilaku konsumen. Toko ini menggunakan data transaksi untuk melihat pola penjualan setiap tahun dan bulannya, sehingga Toko X belum mengetahui fenomena purchase dependence. Data mining merupakan proses pengekstrakan database untuk menemukan informasi yang bermanfaat. Untuk menemukan purchase dependence retail dapat melakukan teknik data mining menggunakan bantuan rapidminer tool. Tool tersebut membantu dalam pencarian frequent item set menggunakan algoritma FP-Growth dan Association Rules, serta metode klasifikasi ABC digunakan untuk menganalisis kelas tiap item yang dijual. Hasil association rule dan klasifikasi ABC digunakan sebagai usulan display product di Toko X untuk meningkatkan profit dan meningkatkan pelayanan toko.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Retail, Purchase Dependence, Data mining, FP-Growth, Association Rule, Klasifikasi ABC, Display Product.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:31
Last Modified: 14 Feb 2019 04:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16633

Actions (login required)

View Item View Item