MARIA, CHICHI AYU (2018) PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK USULAN PRIORITAS PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI ENGLISH IVY COFFEE DENGAN ANALISIS SENTIMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (HALAMAN JUDUL)
TI079910.pdf Download (788kB) |
||
Text (BAB I)
TI079911.pdf Download (251kB) |
||
|
Text (BAB II)
TI079912.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
TI079913.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text (BAB IV)
TI079914.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text (BAB V)
TI079915.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
||
Text (BAB VI)
TI079916.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
||
|
Text (BAB VII)
TI079917.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan industri jasa sangat pesat terutama mengenai restoran atau cafe. English Ivy Coffee salah satu cafe yang beroperasi di Yogyakarta. Cafe ini masih baru beroperasi sekitar 6 bulan. Lokasinya strategis sehingga banyak cafe-cafe lain yang beroperasi disekitar English Ivy Coffee hal ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat, untuk dapat memenangkan persaingan harus ada kualitas yang baik dan citra yang baik dimata pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dibutuhkan sarana mendapatkan komentar dari pelanggan mengenai fasilitas pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan sehingga mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat sarana yang digunakan pelanggan dalam mendapatkan komentar, dimana komentar ini menggunakan kuisioner online dengan web gratis, data yang besar diolah menggunakan program text mining yang terbagi menjadi 4 tahapan (tokenizing, stopword, stemming dan N-gram) dari text mining digunakan untuk input dari analisis sentimen. Hasil dari analisis sentimen digunakan untuk memberikan usulan kepada pemilik cafe mengenai dimensi yang bermasalah dimana dapat diketahui permasalahannya dan diberikan usulan perbaikan. Berdasarkan hasil dari pengolahan analisis sentimen didapatkan persentase jawaban negatif paling tinggi yang sudah dijalankan usulan adalah masalah AC (21,05%), Toilet (9,75%) dan yang belum bisa dijalankan adalah jumlah stopkontak (15,95%), Rasa terhadap makanan (11,29%), dan waktu penyajian (12,73%)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Text Mining, Analisis Sentimen |
Subjects: | Teknik Industri > Industri |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 12:15 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 19:47 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16640 |
Actions (login required)
View Item |