EVALUASI ANTARMUKA PENGGUNA DENGAN EYE TRACKING UNTUK MENGUJI USABILITY DAN MENENTUKAN LOKASI OPTIMAL DALAM E-LEARNING

Amelly, Audine (2018) EVALUASI ANTARMUKA PENGGUNA DENGAN EYE TRACKING UNTUK MENGUJI USABILITY DAN MENENTUKAN LOKASI OPTIMAL DALAM E-LEARNING. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TF076240.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF076241.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF076242.pdf

Download (989kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TF076243.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (BAB IV)
TF076244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TF076245.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam sistem informasi, antarmuka menyajikan fitur dan dukungan instruksi dari sebuah sistem informasi kepada penggunanya. Desain antarmuka sangat penting untuk diperhatikan dalam perancangan sistem informasi. Terkait dengan desain antarmuka, pemahaman tentang bagaimana orang mengalokasikan perhatian visual mereka saat melihat halaman web sangat penting, Tata letak halaman yang optimal akan meningkatkan kualitas suatu tampilan web, yang dalam hal ini dikhususkan untuk e-learning. E-learning sesuai kepanjangannya electronic learning berarti pembelajaran yang dilakukan dengan alat elektronik. E-learning memiliki beragam bentuk, yang di antaranya adalah kelas virtual yaitu Learning Management System (LMS). Tujuan dari e-learning adalah untuk memfasilitasi dan membantu siswa dengan memberikan konten serta layanan dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Untuk mendapatkan desain antarmuka e-learning yang baik, perlu dilakukan evaluasi terhadap antarmuka yang salah satunya dengan metode eye tracking berdasarkan aspek usability (Qureshi & Irfan, 2009) dan metrik eye tracking. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil evaluasi berdasarkan aspek usability effectiveness dan efficiency yang tinggi untuk ketiga halaman.Untuk aspek satisfaction, responden memberikan masukan terkait desain antarmuka e-learning. Untuk lokasi optimal pada halaman ditentukan berdasarkan aspek metrik fiksasi eye tracking. Halaman dengan tata letak (layout) 3 grid berada di area tengah dan area kiri. Sedangkan untuk area dengan pembagian tata letak (layout) atas dan bawah berada di area atas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Eye Tracker, Gaze Plot, Eye Tracking, Pergerakan Mata, Fiksasi, Usability, Antarmuka Pengguna
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2019 01:55
Last Modified: 18 Feb 2019 01:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16711

Actions (login required)

View Item View Item