YOGYAKARTA CINEMA CENTER SEBAGAI PUSAT ENTERTAINMENT YANG INTERAKTIF DAN REKREATIF DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKSPRESIONISME

CHARISA, NATHANIA (2018) YOGYAKARTA CINEMA CENTER SEBAGAI PUSAT ENTERTAINMENT YANG INTERAKTIF DAN REKREATIF DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKSPRESIONISME. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
TA14367.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta mendapat predikat sebagai kota seni di Indonesia dikarenakan memiliki kebebasan berkarya yang tinggi dan menyediakan banyak wadah untuk berekspresi. Seni musik, tari, lukis, sastra, patung maupun film dapat ditemukan dan berkembang pada masyarakat Yogyakarta. Seni dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung keindahan1. Komunitas film di Yogyakarta banyak mulai berkembang dari institusi pendidikan tinggi. Komunitas film yang diciptakan untuk dapat mewadahi kegemaran mereka terhadap dunia perfilman dan bentuk apresiasi pada karya sineas lain. Adapun komunitas yang berkembang di lingkungan kampus ada yang memiliki jurusan perfilman/televisi/media rekam dan juga tidak memiliki jurusan terkait perfilman. Banyaknya penduduk usia remaja-dewasa merupakan potensi bagi pelaku ekonomi dan penyedia jasa. Tercatat sebanyak 70,7% penduduk usia 18-23 mengunjungi bioskop paling tidak 2 kali sebulan. Sesuai perkembangan jaman kegiatan menonton film di bioskop menjadi salah satu tujuan hiburan yang paling diminati oleh pasangan maupun keluarga untuk berekreasi. Bioskop tak hanya berfungsi sebagai tempat penayangan film, tapi juga sebagai tempat yang bisa memberi sebuah identitas dan prestisesosial. Kota Yogyakarta memiliki minat yang besar terhadap apresiasi bidang kesenian, termasuk dunia perfilman dengan banyaknya aktifitas antara lain dengan adanya festival dan pemutaran film oleh komunitas baik institusi kampus maupun pecinta film2. Komunitas perfilman di Yogyakarta membutuhkan tempat yang memiliki fasilitas lengkap dalam menikmati sebuah karya dan akses untuk masyarakat menikmati film seutuhnya dengan mudah dengan nuansa rekreasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bioskop, Arsitektur Ekspresionisme,Cinema Center, Interaktif, Rekreatif
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:18
Last Modified: 19 Feb 2019 02:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16759

Actions (login required)

View Item View Item