HARMONISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN BIDANG KEHUTANAN DENGAN BIDANG PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PANAS BUMI DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI

SARI, AGNES APRILIA (2018) HARMONISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN BIDANG KEHUTANAN DENGAN BIDANG PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PANAS BUMI DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MIH025970.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MIH025971.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MIH025972.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MIH025973.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB IV)
MIH025974.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MIH025975.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Kehutanan Dengan Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Alam Panas Bumi di Kawasan Hutan Konservasi”. Tesis dengan judul tersebut bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji harmonisasi peraturan perundang-undangan bidang kehutanan dengan bidang pemanfaatan sumber daya alam panas bumi di kawasan hutan konservasi. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan pendekatan politik hukum dan pendekatan perundang-undangan. Sumber data berupa data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Metode pengumupulan data menggunakan studi pustaka dan wawancara. Bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dianalisis dengan menggunakan metode analisis hukum.proses berpikir deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan. Teori sistem hukum teori hukum pembangunan dan teori pembangunan berkelanjutan digunakan sebagai pisau analisi dalam mengkaji hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 108 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam, dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang Pemanfaatan Jasa Lingkungan Panas Bumi dan Kawasan Taman Nasional, Taman Hutan Raya dan Taman Wisata Alam pengaturan tentang pemanfaatan sumber daya alam panas bumi di kawasan konservasi menjadi lengkap. Sehingga pemanfaatan panas bumi dapat dilakukan di semua kawasan hutan kecuali pada hutan cagar alam serta zona inti dan zona rimba pada taman nasional. Hakekat dari pemanfaatan panas bumi tetaplah kegiatan pertambangan, akan tetapi pemanfaatan sumber daya alam panas bumi juga harus melihat perkembangan pembangunan berkelanjutan yang tidak hanya mementingkan perkembangan ekonomi, tetapi juga tetap memperhatikan dan mempertimbangkan keberadaan hutan konservasi terutama fungsi dari hutan konservasi yang merupakan tempat bagi pengawetan keanekaragaaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Harmonisasi, Panas Bumi, Hutan Konservasi
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Agraria
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:51
Last Modified: 21 Feb 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16882

Actions (login required)

View Item View Item