DETERMINAN NIAT PEMBELIAN KONSUMEN MAKANAN ORGANIK DI INDONESIA

Alana, Valerie (2018) DETERMINAN NIAT PEMBELIAN KONSUMEN MAKANAN ORGANIK DI INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EM209250.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EM209251.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EM209252.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EM209253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengetahuan yang diungkapkan dalam label makanan organik dan pengetahuan yang dipersepsikan oleh konsumen makanan organik memengaruhi kepercayaan dan sikap mereka terhadap makanan organik, serta bagaimana kepercayaan dan sikap konsumen terhadap makanan organik, dan norma subjektif memengaruhi niat pembelian mereka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan pelanggan makanan organik di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 206 orang. Pengumpulan data survei kuesioner dilakukan secara online. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, independent sample t-test, dan oneway ANOVA. Profil karakteristik responden dalam penelitian ini mayoritas berjenis kelamin wanita, berusia < 39 tahun, berpendidikan treakhir Sarjana/D4, dan berpendapatan rata-rata > Rp10.000.000 per bulan. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: sikap terhadap makanan organik secara positif memengaruhi niat pembelian makanan organik, norma subjektif tidak berpengaruh terhadap niat pembelian makanan organik, kepercayaan secara positif memengaruhi sikap terhadap makanan organik dan niat pembelian makanan organik, informasi yang diungkapkan dalam label secara positif memengaruhi kepercayaan tetapi tidak berpengaruh terhadap sikap terhadap makanan organik, serta pengetahuan yang dipersepsikan secara positif memengaruhi sikap dan kepercayaan pada makanan organik. Sementara hasil uji beda dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara: penilaian responden berusia < 39 tahun dan ≥ 39 tahun atas variabel pengetahuan yang dipersepsikan dan niat pembelian, penilaian responden pria dan wanita atas variabel sikap terhadap makanan organik dan niat pembelian, penilaian responden berpendidikan terakhir SMA, Sarjana/D4, dan S2/S3 atas variabel pengetahuan yang dipersepsikan, dan penilaian responden berpendapatan ≤ Rp5.000.000, Rp5.001.000 – Rp10.000.000, dan > Rp10.000.000 atas variabel kepercayaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Makanan organik, Niat pembelian, Norma subjektif, Sikap terhadap makanan organik, Kepercayaan, Pengetahuan yang dipersepsikan, Informasi yang diungkapkan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:03
Last Modified: 21 Feb 2019 02:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16887

Actions (login required)

View Item View Item