Patria, Bondan Denis (2018) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TAKSI ONLINE DAN TAKSI KONVENSIONAL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
TS154050.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS154051.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS154052.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TS154053.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TS154054.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (BAB V)
TS154055.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS154056.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Di Yogyakarta angkutan umum berupa taksi sudah dapat dijumpai dimana-mana, hal ini dikarenakan dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang turut membawa pengaruh dalam bidang transportasi, salah satunya memunculkan ide baru yaitu berupa taksi online yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam proses pemesanan. Proses pemesanan taksi online ini dapat dilakukan lewat aplikasi yang ada di smartphone. Tetapi dengan adanya kemunculan taksi online ini tidak luput dari masalah yang ditimbulkan, salah satunya membuat taksi konvensional yang sudah lama ada mulai tergeser keberadaannya. Oleh sebab itu perlu dilakukannya penelitian tentang tingkat kepuasan pengguna taksi online dan taksi konvensional guna untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu ditingkatkan dalam memajukan taksi online maupun taksi konvensional yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan 100 kuesioner kepada responden yang dibedakan berdasarkan statusnya, yaitu wisatawan, pegawai, dan mahasiswa yang pernah menggunakan taksi online dan taksi konvensional yang ada di Yogyakarta. Untuk mengetahui kuesioner sudah valid dan reliabel maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Analisis data akan dilanjutkan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) guna untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan faktor-faktor yang perlu ditingkatkan dalam memajukan angkutan umum taksi yang ada di Yogyakarta. Dari hasil analisis tingkat kepuasan, taksi online lebih unggul pada aspek fasilitas dan tarif. Sedangkan pada taksi konvensional lebih unggul pada aspek keamanan dan keselamatan. Sedangkan dari hasil diagram kartesius faktor-faktor yang perlu ditingkatkan pada taksi online yaitu memasang kartu pengenal pengemudi, menggunakan seragam dan kartu identitas pengemudi, menyediakan alat komunikasi antara pengemudi dengan perusahaan, menempelkan nomor pengaduan, dan memberikan kemudahan bagi penumpang pengguna kursi roda. Pada taksi konvensional yang perlu ditingkatkan yaitu memudahkan pengguna dalam pemesanan taksi dan memberi kemudahan bagi penumpang pengguna kursi roda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 03:38 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 03:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16903 |
Actions (login required)
View Item |